Tribun

KTT ASEAN

Sore Ini, Presiden Jokowi akan Bertolak Ke Kamboja Hadiri KTT ASEAN

Usai dari KTT ASEN Presiden akan kembali ke Bali untuk memimpin KTT G20 pada 15-16 November 2022.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Sore Ini, Presiden Jokowi akan Bertolak Ke Kamboja Hadiri KTT ASEAN
Foto: Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Kamboja yang akan berlangsung 10-13 November 2022. Jokowi akan bertolak ke Kamboja, dari Bali pada Rabu (9/11/2022) petang. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Kamboja yang akan berlangsung 10-13 November 2022.

Jokowi akan bertolak ke Kamboja, dari Bali pada Rabu (9/11/2022) petang.

“Iya betul,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Usai dari KTT ASEN Presiden akan kembali ke Bali untuk memimpin KTT G20 pada 15-16 November 2022.

Baca juga: Jokowi akan Hadiri KTT Asean di Kamboja Sebelum Pimpin KTT G20

Sejumlah Kepala Negara dipastikan hadir dalam forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa tersebut.

“Iya (dari Kamboja) langsung kembali ke Bali,” katanya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia siap untuk menerima para tamu dan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) yang akan digelar di Bali, pada pada 15-16 November 2022 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Negara usai meninjau secara langsung sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan KTT G20, pada Selasa, (8/11/2022).

"Jadi ini sudah H-7, saya sudah cek dari pagi tadi sampai titik-titik yang paling kecil sudah kita cek semuanya dan saya ingin menyatakan kita siap menerima tamu-tamu G20," ujar Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menjelaskan bahwa hingga saat ini sudah ada 17 kepala negara/kepala pemerintahan yang menyatakan hadir pada KTT G20 di Bali mendatang.

Di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

"Sudah, itu yang sudah pasti 17," ungkap Presiden.

Sedangkan terkait kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Presiden Jokowi mengatakan bahwa kedua pemimpin negara tersebut masih mempertimbangkan situasi dan kondisi di negara masing-masing.

"Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan," tutur Presiden.

Baca juga: Inggris Akan Bawa Isu Perang Ukraina - Rusia pada Meja KTT G20 RI di Bali 

Presiden pun kembali menegaskan bahwa kehadiran para kepala negara maupun kepala pemerintahan pada KTT G20 di Bali kali ini merupakan suatu kehormatan, mengingat kondisi dunia yang sedang tidak kondusif.

"Saya kira dalam posisi normal itu biasa yang hadir juga 17-18, ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit, semua negara sangat sulit, kalau kehadirannya sampai sejumlah itu saya kira juga sangat bagus, sangat bagus," ucap Presiden.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas