Tribun

HUT Partai Nasdem

Surya Paloh Sebut Jokowi Sahabat Sejati: Lain Hal Kalau Presiden Menyatakan Selamat Tinggal Nasdem

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh masih menganggap Presiden Jokowi Sahabat sejati bagi Nasdem.

Penulis: garudea prabawati
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Surya Paloh Sebut Jokowi Sahabat Sejati: Lain Hal Kalau Presiden Menyatakan Selamat Tinggal Nasdem
kolase/dok Tribunnews.com
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh masih menganggap Presiden Jokowi Sahabat sejati bagi Nasdem. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, menyebut sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai sahabat sejati.

Seperti diketahui sebelumnya, isu keretakan hubungan antara Surya Paloh dan Jokowi menggaung.

Isu santer tersebut itu muncul setelah Nasdem mendeklarasikan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu 2024 nanti.

Paloh menyebut dukungan terhadap Presiden Jokowi juga termasuk dalam kualifikasi HUT Nasdem ke-11.

"Jaga seorang Joko Widodo sebagai Presiden republik ini, dari pemikiran dan semangatnya," kata Surya Paloh dalam acara HUT Nasdem ke-11, di JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Baca juga: Pengamat Sebut Hubungan Surya Paloh dengan Jokowi Mulai Retak

"Nasdem ini menekankan ingin (tetap) menjadi seorang sahabat sejati dalam suka dan dukanya seorang Presiden Joko Widodo."

"Lain halnya kalau memang sungguh-sungguh sahabat Nasdem, yakni Presiden Joko Widodo menyatakan selamat tinggal Nasdem, saya tidak butuh anda," ucap Surya Paloh, dikutip dari tayangan YouTube Kompas TV.

Kalau sampai hal tersebut dikatakan oleh Presiden Joko Widodo, Surya Paloh pun mengisyaratkan sebuah tanda lewat gesturenya.

Dan para pendukungnya menanggapinya dengan riuh tepuk tangan.

"Tetap dalam satu barisan koalisi pemerintahan Indonesia," lanjut Surya Paloh.

Isu hubungan retak

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat berpidato di HUT Partai NasDem ke-11 di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan pada Jumat (11/11/2022).
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat berpidato di HUT Partai NasDem ke-11 di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan pada Jumat (11/11/2022). (YouTube metrotvnews)

Pengamat Politik Agung Baskoro menilai ada keretakan hubungan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Presiden Jokowi.

Hal itu terlihat dari momentum HUT NasDem yang tidak dihadiri Presiden Jokowi serta tidak ada sambutan video dari orang nomor satu di RI itu.

Baca juga: Diminta Mundur dari Kabinet, Ferdinand: Nasdem, Surya Paloh Sudah End Game Bagi Jokowi

“Realitas politik tadi semakin memperkuat dugaan banyak kalangan bahwa hubungan NasDem -dengan Presiden Jokowi sedang berada di titik terendah (down) setelah selama ini berlangsung intim (up) layaknya sahabat,” kata Agung Baskoro, Sabtu (12/11/2022).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas