Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perguruan Tinggi Memiliki Peran Siapkan Ahli di Bidang Infrastruktur

Kemendikbudristek menyebut perguruan tinggi memiliki peran dalam menyiapkan para ahli di bidang infrastruktur.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Perguruan Tinggi Memiliki Peran Siapkan Ahli di Bidang Infrastruktur
Istimewa
Pembukaan Babak Final ajang Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2022. Kemendikbudristek menyebut perguruan tinggi memiliki peran dalam menyiapkan para ahli di bidang infrastruktur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Ajang Talenta Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Keri Darwindo, mengatakan infrastruktur adalah aspek penting bagi negara dalam menggerakkan aspek kehidupan masyarakat.

Keri Darwindo mengatakan Pemerintah memberikan prioritas dalam pembangunan infrastruktur.




"Pemerintah bahkan memberikan prioritas yang sangat tinggi pada pembangunan infrastruktur," ujar Keri Darwindo melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/11/2022).

Hal tersebut diungkapkan Keri saat pembukaan Babak Final ajang Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2022.

Baca juga: Kemendikbudristek Berangkatkan 82 Dosen Vokasi Ikuti Program Magang di Inggris dan AS

Kompetisi tahunan oleh Balai Pengembangan Talenta, Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek ini merupakan kompetisi yang dilaksanakan secara paralel yang melombakan desain atau rancangan jembatan.

Keri mengatakan perguruan tinggi dapat menghasilkan para ahli di bidang infrastruktur, terutama melalui KJI.

BERITA TERKAIT

"Kompetisi KJI 2022 ini sangat relevan karena para finalis hari ini pada lima sampai dengan sepuluh tahun mendatang akan menjadi ahli-ahli di bidang infrastruktur khususnya jembatan yang akan berkontribusi pada pembangungan negara kedepan," tutur Keri.

Upacara pembukaan secara resmi dilakukan di kampus Universitas Pembangunan Jaya, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Seluruh finalis yang tediri dari 16 tim finalis yang mewakili delapan jembatan model pelengkung, dan delapan jembatan model rangka baja ikut menghadiri upacara pembukaan KJI 2022.

Presiden UPJ Frans Satyaki Sunito mengatakan jembatan adalah komponen penting dari infrastruktur konektifitas juga sebagai salah satu konstruksi Teknik Sipil yang tertua didunia.

"Hari ini teknologi jembatan sudah semakin canggih tidak hanya dibidang design dan konstruksi tapi juga metode konstruksi jembatan yang menjadi unsur yang sangat penting dalam membangun jembatan. Kompetisi KJI 2022 ini menjadi ajang yang sangat baik untuk belajar mengetahui dan memitigasi resiko konstruksi sebuah jembatan," jelas Frans.

Baca juga: Kemendikbudristek: 127 Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini

Selain sebagai tuan rumah pelaksanaan babak final Kompetisi Jembatan Indonesia 2022, UPJ juga berhasil lolos sebagai salah satu tim finalis yang akan bertanding dikategori Jembatan Rangka Baja.

Tim Capella yang berasal dari Prodi Teknik Sipil UPJ ini dimotori oleh tiga orang yakni dua orang mahasiswa dan satu orang dosen Prodi Teknik Sipil UPJ.

Seluruh 16 tim finalis KJI 2022 akan bertanding selama tiga hari di Kampus UPJ dimulai pada tanggal 11 sampai 13 November 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas