Tribun

KTT G20 Bali

VIDEO Momen Menteri BUMN Erick Thohir Jajal Bus Listrik Untuk KTT G20 di Bali

Erick Thohir mencoba bus listrik buatan PT Industri Kereta Api (INKA) yang digunakan untuk operasional KTT G20 di Bali.

Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencoba bus listrik buatan PT Industri Kereta Api (INKA) yang digunakan untuk operasional KTT G20 di Bali.

Erick Thohir mengatakan delegasi KTT G20 serta masyarakat di Bali sudah dapat memanfaatkan fasilitas bus listrik tersebut secara gratis.

Bus listrik tersebut dapat digunakan sebagai akses untuk memasuki area gelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Nusa Dua, Bali.

Momen itu pun di dibagikan Erick Thohir di instagramnya.

Setelah berkeliling Bali menggunakan bus listrik buatan PT INKA, Erick Thohir menilai bus tersebut memiliki fasilitas yang cukup bagus mulai dari kapasitas penumpang, tempat duduk, hingga pegangan untuk penumpang yang berdiri.

Erick Thohir juga mengatakan naik bus listrik di Bali bisa mendapatkan bonus pemandangan indah.

Adapun penyediaan bus listrik pada acara KTT G20 itu sebagai bentuk dukungan pemerintah, untuk mendorong program green energi khususnya melalui sektor transportasi publik.

66 Bus Listrik Buatan Indonesia Dioperasikan pada Gelaran KTT G20

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyampaikan 66 Bus listrik buatan Indonesia bakal dioperasikan dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, yang berlangsung pekan depan.

Erick mengatakan, bus listrik tersebut nantinya bakal digunakan sebagai akses untuk memasuki area gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

"Bagus (kondisi bus), tingkat komponen dalam negeri (TKDN) nya 56 persen. Baru 66 Bus dioperasionalkan untuk KTT G20 di Bali," kata Erick Thohir pada acara Pembukaan Sari Pacifik Jakarta Autograph Collection Hotels, Kamis (10/11/2022).

Lebih lanjut, Erick menambahkan, penyediaan bus listrik pada acara KTT G20 itu sebagai bentuk dukungan pemerintah, untuk mendorong program green energi khususnya melalui sektor transportasi publik.

"London itu sudah mengumumkan tahun 2030 tidak ada lagi bus yg tidak listrik, Jakarta, Bali mungkin Surabaya, Medan, ya jangn kalah sama London. Nah kita harus dorong, apalagi BUMN sudah memproduksi bus listrik sendiri yang kemarin saya coba," tuturnya.

Seperti dikutip dalam akun resmi sosial media Menteri BUMN, Erick Thohir sempat menjajal shuttle bus buatan PT INKA (Persero) di Bali pada Rabu, (9/11/2022).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas