Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringati HGN, Mendikbudristek Nadiem: Keberanian Guru Berinovasi Harus Ditingkatkan

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak para pendidik di Indonesia untuk berani berkarya dan berinovasi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Peringati HGN, Mendikbudristek Nadiem: Keberanian Guru Berinovasi Harus Ditingkatkan
Ist
Mendikbudristek Nadiem Makarim pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 di JI EXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/11/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak para pendidik di Indonesia untuk berani berkarya dan berinovasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Nadiem pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 di JI EXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

"Keberanian kita untuk berinovasi harus semakin ditingkatkan lagi sebagai bekal kita melompat ke masa depan," tutur Nadiem.




Menurut Nadiem, melalui Merdeka Belajar para guru di Indonesia sekarang semakin tergerak.

Langkah ini, kata Nadiem, dilakukan untuk menghadirkan inovasi dalam pembelajaran dan membawa perubahan di lingkungan sekolahnya. 

"Gerakan Merdeka Belajar yang sudah kita upayakan bersama selama tiga tahun terakhir harus menjadi lebih besar lagi, harus bisa dirasakan manfaatnya oleh semua murid, semua guru, semua sekolah di seluruh Indonesia," ucap Nadiem.

Dirinya menyampaikan bahwa sistem pendidikan Indonesia sedang memasuki babak baru.

BERITA TERKAIT

Saat ini, Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan jauh lebih besar di mana para guru bisa mengembangkan projek-projek kreatif yang membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Kemudian, dengan program Pendidikan Guru Penggerak, para pendidik dipersiapkan untuk menjadi generasi pemimpin pembelajaran di masa depan.

Baca juga: Hari Guru Nasional, Ratusan Ribu Guru Indonesia Sukses Hadapi Transformasi Pendidikan

“Ada 50.000 Guru Penggerak yang tersebar di seluruh Indonesia kini siap menjadi kepala sekolah dan pengawas dengan jiwa kepemimpinan dan dedikasi yang tinggi. Saya minta ada kepala dinas mendukung mekanismenya di lapangan,” jelas Nadiem.

Selain itu, Kemendikbudristek menyediakan Platform Merdeka Mengajar di mana lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas