Tribun

Helikopter Polri Jatuh di Belitung

Besok Pagi Jenazah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto Diterbangkan ke Jakarta

Jenazah Bripda Muhammad Khoirul Anam dan Briptu Moch Lasminto rencananya akan diterbangkan ke Jakarta pada Rabu (30/11/2022) pagi besok.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Besok Pagi Jenazah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto Diterbangkan ke Jakarta
(Ist/Dokumentasi Humas Polda Babel)
Jenazah Bripda Muhammad Khoirul Anam dan Briptu Moch Lasminto rencananya akan diterbangkan ke Jakarta pada Rabu (30/11/2022) pagi besok. Foto serpihan helikopter milik Polri tipe NBO 105 dengan nomor registrasi P-1103 yang hilang kontak di perairan Belitung Timur, Minggu (27/11/2022) kemarin, ditemukan Tim SAR Gabungan, pada Senin (28/11/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, BELITUNG - Jenazah Bripda Muhammad Khoirul Anam dan Briptu Moch Lasminto rencananya akan diterbangkan ke Jakarta pada Rabu (30/11/2022) pagi besok.

Bripda Muhammad Khoirul Anam adalah mekanik Helikopter NBO-105/P-1103 yang jaruh di perairan Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

Sedangkan Briptu Moch Lasminto adalah Copilot Helikopter NBO-105/P-1103.

Saat ini kedua jenazah disemayamkan di RSUD Muhammad Zein Belitung Timur.

Baca juga: Kesaksian Nelayan Ungkap Helikopter Polri Sempat Terbang Rendah Sebelum Jatuh di Belitung Timur

"Besok pagi (Rabu pagi--red) jenazah kedua korban akan diterbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat Polri (dari Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan)," kata Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Dr Indra Miza MSi kepada awak media, Selasa (29/11/2022).

"Jenazah Briptu Lasminto tadi ditemukan oleh Tim sekitar dua mil dari tempat kita ini Pelabuhan ASDP Manggar)," ucapnya.

Pada hari ketiga pencarian Helikopter NBO-105 itu, Tim SAR Gabungan juga menemukan lima item serpihan pesawat berukuran kecil.

Lima serpihan itu ada yang terpantau dari udara, ada pula yang terpantau dari Tim SAR Gabungan yang menggunakan kapal.

"Termasuk satu tas hitam yang ditemukan oleh tim," ucapnya.

Terkendala Cuaca

Tim SAR Gabungan pencarian Helikopter NBO-105/P-1103 menghadapi kendala pada pencarian hari ketiga.

Kendala tersebut berupa cuaca yang kurang bersahabat, lantaran terjadi hujan lebat disertai kilat.

Sehingga operasi SAR tersebut harus dihentikan sekitar pukul 13.00 WIB dan seluruh kapal yang mencari kembali ke dermaga pada pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Sosok AKP Arif Rahman Saleh, Kru Helikopter Polri P-1103 yang Hilang Kontak di Bangka Belitung

"Jadi kami hentikan mengingat keselamatan Tim SAR. Tadi kegiatan SAR sudah dimulai dari pukul 07.00 WIB dan besok akan dilanjutkan kembali," kata Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Dr Indra Miza MSi.

Pelaksanaan operasi SAR pada Rabu besok, kembali akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Rencananya, akan ada tambahan armada dari Bea Cukai dan Bakamla disamping bantuan kapal yang sudah ikut bergabung, yaitu KRI Siwar 646, KRI Spica 934.

Khusus KRI Spica, memiliki alat bantu sonar yang bisa mendeteksi benda logam didalam air.

"Termasuk kami juga dibantu oleh TNI AL berupa sonar portabel, yang sudah dipasang di kapal nelayan, untuk melakukan pencarian," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Artikel ini telah tayang di PosBelitung.co dengan judul Jenazah Bripda Anam dan Briptu Lasminto Akan Diterbangkan ke Jakarta pada Rabu Pagi

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas