Tribun

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Hari Ini Polri dan PSSI Bahas Kompetisi Sepak Bola yang Sempat Terhenti Karena Tragedi Kanjuruhan

Agung menuturkan nantinya rapat koordinasi bakal membahas soal aspek pengamanan kompetisi sepak bola Indonesia.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Hari Ini Polri dan PSSI Bahas Kompetisi Sepak Bola yang Sempat Terhenti Karena Tragedi Kanjuruhan
tribunnews.com/alfarizyAF
Foto dok./ (Kiri-kanan) Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Menpora Zainuddin Amali, Asops Polri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kepala Sub Direktorat Wilayah I Direktorat Prasarana Strategis KemenPUPR, Feriqo Asya Y Auditorium Wisma Kemenpora, Senin (28/11/2022) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk membahas kompetisi sepak bola yang sempat terhenti karena tragedi Stadion Kanjuruhan pada Selasa (29/11/2022) hari ini.

"Rakor pengamanan untuk membahas pemenuhan persyaratan penyelenggaraan kompetisi sepak bola sebagaimana diatur dalam Perpol 10 Tahun 2022," kata Asops Polri, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi kepada wartawan, Selasa (29/11/2022).

Agung menuturkan nantinya rapat koordinasi bakal membahas soal aspek pengamanan kompetisi sepak bola Indonesia.

Baca juga: Datangi Polda Jatim, Aremania Tanya Kenapa PSSI dan Penembak Gas Air Mata Belum Jadi Tersangka 

Tujuannya agar standar pengamanan yang mengatur dapat memberikan keamanan bagi para penonton.

"Pihak PSSI dan LIB serta penyelenggara akan mengkordinasikan aspek pengamanan agar kompetisi sepak bola Indonesia dapat dinikmati dengan standar pengamanan dan keselamatan yang baik," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepastian gelaran Liga 1 2022/23 belum juga diputuskan dan harus melewati satu kali rapat koordinasi.

Kompetisi Liga 1 sudah terhenti hampir dua bulan buntut dari tragedi Kanjuruhan.

Hal ini dipastikan usai Rapat Koordinasi yang dihadapi oleh pemangku kepentingan, mulai dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), PT Liga Indonesia Baru, PSSI, Kementerian Kesehatan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Polri, Senin (28/11/2022).

"Masih ada satu tahapan lagi untuk rumuskan terakhir, kemudian Polri akan memutuskan apakah kompetisi ini akan lanjut atau tidak. Polri masih butuh satu kali lagi rapat koordinasi khusus untuk pengamanan," ujar Menpora Zainuddin Amali.

Nantinya, Liga 1 2022/23 juga dipastikan akan digelar tanpa penonton yang terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Adapun Liga 1 akan menggunakan empat stadion, yaitu Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Sultan Agung (Bantul), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Moch. Soebroto di (Magelang). 

Ikuti kami di
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas