Tribun

Pergantian Panglima TNI

TB Hasanuddin: Komisi I DPRE Siap Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengungkapkan pihaknya telah siap melaksanakan uji kelayakan calon Panglima TNI.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Adi Suhendi
zoom-in TB Hasanuddin: Komisi I DPRE Siap Gelar Uji Kelayakan Calon Panglima TNI
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengungkapkan pihaknya telah siap melaksanakan uji kelayakan calon Panglima TNI. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengungkapkan pihaknya telah siap melaksanakan uji kelayakan calon Panglima TNI.

Meski demikian, kata Hasanuddin, Komisi I masih menunggu Bamus terkait waktu digelarnya fit and proper tes tersebut.

"Kami masih menunggu Bamus, tetapi Komisi I sudah menyiapkan waktu hari Rabu (30/11) besok dan Kamis (1/12) untuk melaksanakan fit proper test untuk calon panglima baru," kata Hasanuddin, kepada wartawan, Selasa (29/11/2022).

Dia mengungkapkan hingga pukul 14.30 hari ini Bamus belum dilaksanakan.

"Apakah nanti sore, kita tunggu saja. Dalam bamus itu nanti diputuskan kapan waktu uji kelayakan yang akan dilaksanakan oleh Komisi I," ucapnya.

Legislator PDI Perjuangan ini menambahkan, hasil dari uji kelayakan tersebut nantinya dilaporkan ke pimpinan DPR dan setelahnya dilaksanakan rapat paripurna.

Baca juga: Pimpinan DPR Pastikan Uji Kepatutan Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI Tak Digelar Pekan Ini

"Setelah itu dilaporkan ke Presiden. Saya mendapat info, konon katanya Panglima TNI baru akan dilantik 7 Desember 2022, hari Rabu ya," katanya.

Terpisah, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI tak digelar pekan ini.

Dacso mengungkapkan, pihaknya sedang menyesuaikan waktu untuk menggelar rapat pimpinan (rapim) setelah menerima surat presiden (surpres) calon panglima TNI.

"Jadi saya sampaikan bahwa Bamus (Badan Musyawarah) itu harus didahului dengan rapim. Nah sementara, rapim ini akan dilaksanakan kalau memenuhi kuorum. Nah, ini sedang mencari kecocokan waktu dari para pimpinan DPR yang memang sedang ada kegiatan," kata Dasco.

Baca juga: Ketua Komisi I DPR: Kami Menunggu Penugasan Bamus Untuk Fit And Proper Test Calon Panglima TNI

Setelah diadakan Rapim, maka pimpinan DPR akan membicarakan jadwal Bamus untuk menugaskan Komisi I DPR menggelat fit and proper test.

Sehingga, lanjut Dasco, rapim dan bamus soal surpres calon panglima TNI baru akan digelar pekan depan.

Artinya, kemungkinan Yudo Margono menjalani uji kepatutan di DPR pada pekan depan.

"Kita akan atur dan komunikasikan dengan Ibu Ketua serta pimpinan lain apakah memungkinkan itu minggu depan diadakan rapim dan bamus untuk menugaskan komisi teknis, dalam hal ini Komisi I untuk melakukan kegiatan fit and proper sesuai dengan mekanisme yang ada," kata Dasco.

Baca juga: Komisi I DPR Rencanakan Gelar Uji Kepatutan Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI Rabu Besok

"Kalau pekan ini sudah tidak mungkin. Karena sekarang kan sudah Selasa sekarang. Kamis itu kelihatannya enggak ada rapim sama bamus. Kira-kira begitu," katanya.

Sebelumnya, penunjukan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI disampaikan Ketua DPR Puan Maharani setelah menerima Surat Presiden (Surpres), Senin (28/11/2022).

Surpres tersebut diantarkan langsung ke DPR oleh Mensesneg Pratikno.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas