Tribun

KLHK: Penanaman Pohon Bantu Serapan Emisi Karbon

Direktur Rehabilitasi Hutan KLHK, Nikolas Nugroho mengatakan penanaman pohon berperan dalam serapan emisi karbon.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in KLHK: Penanaman Pohon Bantu Serapan Emisi Karbon
tribunnews/Fahdi Fahlevi
Penanaman 1.000 bibit pohon dengan wadah tanam ramah lingkungan Foopak Bio Natura di Rusun Nagrak Cilincing, Jakarta Utara. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Rehabilitasi Hutan Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) Nikolas Nugroho mengatakan penanaman pohon berperan dalam serapan emisi karbon.

Dirinya mengungkapkan Presiden Joko Widodo telah meminta KLHK untuk mengambil peran terkait serapan emisi karbon.

"Salah satu poin penting serapan karbon adalah dengan menanam pohon, karena pada proses tumbuhnya pohon akan melakukan serapan karbon yang cukup besar," ujar Nikolas melalui keterangan tertulis, Jumat (2/12/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Nikolas dalam kegiatan penanaman 1.000 bibit pohon dengan wadah tanam ramah lingkungan Foopak Bio Natura yang digelar Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berkolaborasi dengan KLHK, Bisnis Indonesia Group, dan mitra bisnis.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Sayid Muhadhar menilai Foopak Bio Natura dapat mudah terurai dalam waktu yang relatif singkat.

"Pemerintah mendorong sampah agar mudah direcycle dan terurai kembali, seperti halnya kampanye yang dilakukan Foopak pada kegiatan penanaman pohon," kata Sayid.

Baca juga: Bupati Lombok Barat Lakukan Penanaman 1000 Pohon Durian di Gunung Sasak

Deputy Director of Corporate Strategy & Relations APP Sinar Mas Iwan Setiawan mengatakan kegiatan penanaman pohon ini mendukung upaya Pemerintah memitigasi perubahan iklim.

"Dapat menjadi salah satu solusi permasalahan global akibat sampah plastik," kata Iwan.

Selain itu, dalam mendukung mengatasi dampak dari perubahan iklim, APP Sinar Mas bekerja sama dengan KLHK membangun Pusat Persemaian Sriwijaya Kemampo, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan berkapasitas 10 juta bibit per tahun yang akan terealisasi tahun 2023.

"Langkah ini juga merupakan dukungan swasta terhadap program pemerintah untuk memenuhi Indonesia’s FoLU Net Sink 2030," ungkap Iwan.

Dari mitra bisnis APP Sinar Mas, Direktur PT Glopac Indonesia Dillon Sutandar mengatakan, ke depan permintaan produk-produk ramah lingkungan ini akan naik seiring dengan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik.

Sehingga secara tidak langsung dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

“Banyak pengusaha mulai tertarik dengan kemasan yang aman dan ramah lingkungan. Ke depannya, bisnis ini akan menjanjikan seiring dengan edukasi tentang kemasan yang aman untuk makanan dan ramah lingkungan,” ujar Dillon.

Seperti diketahui, kegiatan penanaman dilakukan di Rusun Nagrak Cilincing, Jakarta Utara ini menggunakan wadah tanam non plastik yang merupakan salah satu inovasi produk dari APP Sinar Mas, Foopak Bio Natura.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas