Tribun

Reuni 212

Titiek Soeharto Tak Masalah Masjid At-Tin TMII Jadi Lokasi Reuni 212

Titiek Soeharto mengaku tak Masalah Masjid At-Tin TMII jadi lokasi Reuni 212, menurutnya pihak panitia sudah meminta izin.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Titiek Soeharto Tak Masalah Masjid At-Tin TMII Jadi Lokasi Reuni 212
Warta Kota
Kolase foto Siti Hediati Hariyadi atau yang lebih dikenal sebagai Titiek Soeharto menghadiri Reuni 212 di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022) dan Suasana Reuni 212 di Masjid At-tin, Jakarta Timur, hari ini Jumat (2/12/2022) sudah tampak ramai dipenuhi peserta sejak dinihari tadi. Titiek Soeharto mengaku tak Masalah Masjid At-Tin TMII jadi lokasi Reuni 212, menurutnya pihak panitia sudah meminta izin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lokasi Reuni 212 tahun ini berpindah ke Masjid At-Tin TMII.

Padahal selama ini Reuni 212 selalu digelar di Monas.

Putri Presiden RI kedua, Titiek Soeharto tak mempermasalahkan lokasi Reuni 212 diganti.

"Iya memang kan selama ini di Monas, tapi sekarang panitia pindah di Masjid At-Tin," ucap Titiek Soeharto usai menghadiri reuni 212.

Titiek Soeharto mengatakan sebelumnya pihak panitia sudah meminta izin untuk bisa menggelar Reuni 212 di Masjid At-Tin

"Jadi panitia izin ke kami, apakah bisa dilaksanakan disini. Kami jawab tentu saja kalau untuk berdoa disini, dengan tangan terbuka silakan kalau mau pakai Masjid At-Tin, " tuturnya.

Sementara itu selama menghadiri reuni 212, banyak masyarakat yang meminta foto bersama dengan Titiek Soeharto.

Titiek Soeharto pun tampak ramah meladeni permintaan foto warga.

Untuk diketahui mengutip Wikipedia, Masjid Agung At-Tin adalah satu di antara dua masjid megah di kawasan TMII. Masjid lainnya adalah Masjid Diponegoro.

Masjid yang mulai dibangun pada April 1997 ini menempati area tanah seluas 70.000 meter persegi dengan kapasitas sekitar 9.000 orang di dalam masjid dan 1.850 orang di selasar tertutup dan plaza.

Pembangunan Masjid At-Tin selesai pada tahun 1999 dan dibuka secara umum pada tanggal 26 November 1999.

Alamat Lengkapnya Ada Di Jalan Raya Taman Mini Pintu 1 Taman Mini Kelurahan Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur 13560

Ratusan massa Reuni 212 memadati Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022) pagi.
Ratusan massa Reuni 212 memadati Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022) pagi. (Yolanda Putri Dewanti/Warta Kota)

Sejarah Masjid At-Tin

Nama At-Tin diambil dari salah satu surah dalam Al-Quran yang merupakan wahyu ke-27 yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW, atau surah ke-95 dalam urutan penulisan Al-Qur‘an.

Nama surah itu adalah At-Tin yang berarti sejenis buah yang sangat manis, lezat, dan penuh gizi. Buah ini dipercayai mempunyai manfaat yang banyak, baik sebelum matang maupun sesudahnya.

Selain diinspirasi dari surah Al-Qur‘an, pemberian nama At-Tin sebenarnya juga merupakan upaya untuk mengenang jasa-jasa istri mantan Presiden Soeharto yang bernama Ibu Tien atau lengkapnya Hj. Fatimah Siti Hartinah Soeharto.

Baca juga: Terima Ribuan Orang yang Ingin Reuni 212 di Masjid At-Tin, Titiek Soeharto Senang Bisa Nostalgia

Memang, pendirian Masjid At-Tin sejak awal merupakan usaha anak-cucu Presiden Soeharto untuk mengenang ibu/nenek mereka.

Pendirian masjid ini terlaksana berkat bantuan Yayasan Ibu Tien Soeharto yang merupakan yayasan milik anak-keturunan Ibu Tien Soeharto.

Oleh karenanya, nama At-Tin tentu dimaksudkan sebagai doa dan perwujudan rasa cinta yang tulus dari anak/cucu kepada ibu/nenek mereka.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas