Tribun

Pencak Silat Corner Promosikan Pencak Silat di Kazakhstan, Tajikistan dan Kawasan Asia Tengah

Pencak Silat Corner didirikan untuk mempromosikan Pencak Silat di Kazakhstan, Tajikistan dan kawasan Asia Tengah.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pencak Silat Corner Promosikan Pencak Silat di Kazakhstan, Tajikistan dan Kawasan Asia Tengah
Dok KBRI Astana
M Fadjroel Rachman selaku Duta Besar RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan meresmikan Pencak Silat Corner di Rumah Budaya Indonesia di Astana Kazakhstan pada tanggal 28 November 2022. Pencak Silat Corner didirikan untuk mempromosikan Pencak Silat di Kazakhstan, Tajikistan dan kawasan Asia Tengah. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KBRI Astana meresmikan Pencak Silat Corner di Rumah Budaya Indonesia di Astana Kazakhstan, 28 November 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh pejabat Kemenpora RI, IPSI dan Asosiasi Pencak Silat Kazakhstan.

M Fadjroel Rachman, Duta Besar RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan menyampaikan bahwa Pencak Silat Corner ini bertujuan mempromosikan Pencak Silat di Kazakhstan, Tajikistan dan kawasan Asia Tengah.

"Corner ini hadir untuk memperkenalkan lebih jauh Pencak Silat di Asia Tengah, terutama Kazakhstan dan Tajikistan," kata Fadjroel dalam keterangannya, Minggu (4/12/2022).

Baca juga: Profil Eddie Marzuki Nalapraya, Mayor Jenderal Purnawirawan TNI yang Kenalkan Pencak Silat ke Dunia

Dubes RI mengatakan Pencak Silat merupakan program strategis KBRI Astana karena masyarakat Kazakhstan dan Tajikistan sangat senang dengan olahraga bela diri.

Pencak Silat diharapkan menjadi lokomotif diplomasi di Kazakhstan dan Tajikistan.

Corner ini berisi literatur tentang Pencak Silat, baju dan tongkat yang digunakan oleh beberapa atlet Pencak Silat Indonesia saat memenangi pertandingan di ajang internasional.

Ada juga jaket Tim Pencak Silat Kazakhstan.

Selain itu, berisi juga beberapa foto dokumentasi perjalanan Dubes Fadjroel dan Tim KBRI Astana dalam menjalankan Pencak Silat Diplomacy di Kazakhstan dan Tajikistan.

Ada 3 atlet Pencak Silat Indonesia yang hadir dan ikut menyumbangkan baju dan tongkat dalam acara tersebut, antara lain; Asep Yuldan yang merupakan Juara I Asian Games 2018 di Indonesia kategori Grup Putra dan Juara II Grup Putra Sea Games 2022 di Vietnam.

Kemudian I Komang Harik Adi Putra yang merupakan Juara I Asian Games 2018 di Indonesia dan Juara I Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2018 di Singapura.

Ada juga Tito Hendra Septa yang merupakan Juara 3 Kejuaraan Asia Tenggara 2022 di Singapura dan Juara 1 Kejuaraan Pencak Silat Asia ke-6 2022 di Kashmir India.

Baca juga: VIDEO Momen Haru Legenda Pencak Silat Eddie Marzuki Nalapraya Terima Penghargaan dari KONI Pusat

Belobrodskaya Olga yang merupakan pelatih Pencak Silat di Astana Kazakhstan menyampaikan sebab ketertarikannya dengan Pencak Silat karena unsur spiritual dan budayanya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas