Tribun

Polisi Tembak Polisi

Ricky Rizal Mengaku Kaget dan Takut Ketika Yosua Ditembak: Kok Ditembak, Kenapa?

Ricky menceritakan saat itu dirinya tengah memberi kabar kepada istrinya jika masih berada di Jakarta sambil berdiri di sekitar rumah Ferdy Sambo.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Ricky Rizal Mengaku Kaget dan Takut Ketika Yosua Ditembak: Kok Ditembak, Kenapa?
Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV
Terdakwa Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf akan bersaksi dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J hari ini, Rabu (30//11/2022) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terdakwa Bripka Ricky Rizal mengaku kaget ketika melihat Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat ditembak di rumah dinas Ferdy Sambo di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022.

Hal ini dikatakan Ricky Rizal saat menjadi saksi atas terdakwa Kuat Ma'ruf dalam perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

Awalnya, Ricky menceritakan saat itu dirinya tengah memberi kabar kepada istrinya jika masih berada di Jakarta sambil berdiri di sekitar rumah Ferdy Sambo dengan posisi menghadap taman.

Lalu, tidak lama kemudian terdakwa Kuat Ma'ruf menghampirinya dan memberi informasi jika Ricky dan Yosua dipanggil ke dalam rumah oleh Ferdy Sambo.

"Terus om Kuat keluar 'om-om, dipanggil bapak, Om Ricky sama Om Yosua dipanggil bapak' terus yosua ada di depan, saya menghampiri Yosua di depan, terus 'bro, dipanggil bapak'," kata Ricky di dalam ruang sidang.

Baca juga: Dalam Sidang, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Pakai Identitasnya untuk Buka Rekening dan Beli Motor

Saat itu, Yosua masuk paling pertama ke dalam rumah melalui dapur dengan diikuti oleh Kuat Ma'ruf.

Namun, Ricky mengklaim dirinya terjeda sesaat saat hendak masuk ke dalam rumah karena terhalang sebuah mobil Toyota Innova.

"Saya jalan masuk itu, Yosua sudah di, si Pak Ferdy Sambo ada di sebelah kiri, si Richard ada di sebelah kanannya, terus Om Kuat ada di ke kiri ada di belakangnya pak FS lah agak berjarak terus saya jalan," jelasnya.

Di dalam, kata Ricky, Yosua seperti orang kebingungan ketika disuruh jongkok oleh Ferdy Sambo.

"Saya lihat kayak seperti ini 'Apa Pak, ada apa Pak?' terus (Ferdy Sambo bilang) 'jongkok, jongkok' si Richard langsung ngeluarin senjata yang mulia, begitu si Yosua mundur, karena kan nggak mau jongkok, mundur si Richard lepasin tembakan, 'kenapa ini?' terus 'Dooor' gitu yang mulia," ucap Ricky.

Selanjutnya, Ricky mengaku kaget ketika penembakan itu terjadi.

"Di situ saya kaget, "kok ditembak, kenapa?" Terus ditembak sampai jatuh yang mulia, terus saya dengar ada suara "bang, bang, Bang". Terus saya ke dapur yang mulia, mendengar suaranya Romer. Saya ke dapur lihat nggak ada orang," ungkapnya.

"Terus saya lihat ke tengah lagi, pak FS lagi nembakin dinding. Setelah itu saya hanya nunggu di dekat dapur. "Kenapa ini? Ada apa?" Kan sempat takut yang mulia, kok bisa ada peristiwa seperti ini," sambungnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas