Tribun

Polisi Tembak Polisi

Saat Bharada E Tertawa Dengar Pengakuan Ricky Rizal hingga Hakim Nilai Tak Masuk Akal

Bripka Ricky Rizal memberi kesaksian dalam sidang lanjutan, Senin (5/12/2022). Hadir pula terdakwa Bharada E dan Kuat Maruf.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Miftah
zoom-in Saat Bharada E Tertawa Dengar Pengakuan Ricky Rizal hingga Hakim Nilai Tak Masuk Akal
YouTube KompasTV
Bharada E dan Bripka Ricky Rizal saat menghadiri sidang lanjutan di PN Jaksel, Senin (5/12/2022). Bharada E tertawa mendengar keterangan Bripka Ricky Rizal soal pemeriksaan di Provos Polri. 

TRIBUNNEWS.COM - Momen menarik terjadi saat sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir Yoshua Hutabarat (Brigadir J), Senin (5/12/2022), di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Bharada Richard Eliezer (Bharada E) sempat tertawa mendengar kesaksian Bripka Ricky Rizal (Bripka RR) yang bercerita soal pemeriksaan di Provos Polri seusai penembakan Brigadir J.

Bripka RR mengungkapkan, saat itu ia sempat diminta Ferdy Sambo untuk memberikan kesaksian sesuai skenario yang telah dirancang.

"Setelah itu 'kan kami lanjut pemeriksaan lagi, Yang Mulia. Terus, 'Ki, pastikan bahwa kamu yang melihat Yoshua menembak duluan ke arah Richard'."

"Waktu itu Bapak menyampaikannya seperti itu," kata Bripka RR saat memberikan kesaksian, dikutip dari tayangan KompasTV.

Mendengar kesaksian Bripka RR, Bharada E tampak tertawa hingga pundaknya bergoyang.

Baca juga: Hakim Ingatkan Ricky Rizal: Sampai Kapan Semua Kamu Tutupin, Kasihan Anak Istrimu

Ketika Hakim Ketua, Wahyu Iman Santosa, mencoba memastikan keterangan dan Bripka RR tetap mengulanginya.

Bharada E kembali tertawa saat mendengar jawaban Bripka RR.

"Di ruang Provos 'kan sudah ada yang meriksa Saudara waktu itu," tanya Hakim Ketua memastikan.

"Setelah itu 'kan kami lanjut pemeriksaan lagi, Yang Mulia."

"Dan itu mengubah keterangan yang tadinya disampaikan peristiwa di Magelang, suruh tidak disampaikan. Jadi diubah, Yang Mulia," jawab Bripka RR diikuti Bharada E yang kembali tertawa.

Di kesempatan yang sama, Hakim Ketua menilai ada ketidaksesuaian dari cerita yang disampaikan Bripka RR saat membahas soal Brigadir J.

Bripka RR menyebut Brigadir J berada satu mobil dengannya saat berangkat dari Magelang, Jawa Tengah ke Jakarta pada 8 Juli 2022.

Padahal, Brigadir J berada di satu mobil bersama Putri Candrawathi untuk mengawalnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas