Tribun

KSAU Pimpin Sertijab Pangkoopsudnas Marsdya Tonny Hardjono dan Dankodiklatau Marsda Tedi Rizalihadi

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkoopsudnas dan Dankodiklatau di Lanud Halim Perdanakusuma.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in KSAU Pimpin Sertijab Pangkoopsudnas Marsdya Tonny Hardjono dan Dankodiklatau Marsda Tedi Rizalihadi
Dispenau
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkoopsudnas dan Dankodiklatau yang berlangsung di taxy way echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Selasa (6/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pangkoopsudnas dan Dankodiklatau yang berlangsung di taxy way echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Jabatan Pangkoopsudnas diserah terimakan dari Marsdya TNI Andyawan Martono Putra kepada Marsdya TNI M Tonny Hardjono.

Sementara jabatan Dankodiklatau diserah terimakan dari Marsdya TNI M Tonny Hardjono kepada Marsda TNI Tedi Rizalihadi.

Dalam amanatnya Fadjar menyampaikan Koopsudnas dan Kodiklatau adalah dua Komando Utama (Kotama) TNI AU yang menjalankan peran krusial dan sangat vital dalam menjamin kemampuan TNI AU guna mengatasi berbagai dinamika perkembangan lingkungan strategis.

"Koopsudnas mewujudkan 'unity of command' untuk mengingatkan fokus dan koordinasi dalam 'Asset Employment' dalam pengerahan kekuatan Matra Udara," kata Fadjar dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AU pada Selasa (6/12/2022).

Baca juga: TNI AU Kerahkan Pesawat CN 295 Bantu Cari Helikopter Polri yang Jatuh di Belitung Timur

"Sementara Kodiklatau menjadi leading sektor dalam membentuk mindset, serta meningkatkan kecakapan sumber daya manusia angkatan udara melalui pendidikan kedinasan di TNI AU," sambung Fadjar.

Fadjar juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tertinggi kepada pejabat lama yang telah menjaga amanah jabatan dengan sangat baik.

Ia menilai para pejabar lama mampu menyikapi kompleksitas tantangan tugas dalam memenuhi pelaksanaan operasi matra udara secara tepat dan aman serta tercapainya kualitas Sumber Daya Manusia yang mumpuni.

Dengan demikian, lanjut dia, TNI AU senantiasa hadir di tengah konstelasi global.

Baca juga: Sosok Prada Indra, Prajurit TNI AU Tewas Diduga Dianiaya Senior, Dikenal Tak Pernah Mengeluh

"Selaku Kepala Staf Angkatan Udara, saya menilai dua amanah berat tersebut telah dijaga dengan sangat baik oleh Marsdya TNI Andyawan Martono Putro sebagai Pangkoopsudnas dan juga oleh Marsdya TNI M Tonny Hardjono sebagai Komandan Kodiklatau," kata Fadjar.

Kepada pejabat yang baru baik Pangkoopsudnas maupun Dankodiklatau, Fadjar menyampaikan ucapan selamat bertugas.

Ia juga berpesan agar segera menyesuaikan diri pada lingkup tugas yang baru.

Baca juga: Sejarah Peringatan HUT Kodiklat TNI AU Setiap 15 November

"Laksanakan amanah ini dengan segenap kemampuan dan dengan penuh kehormatan," kata Fadjar.

Hadir pada upacara tersebut Kepala Staf Angkatan Udara ke-15 Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, Kepala Staf Angkatan Udara ke-22 Marsekal TNI (Purn) Yuyu Sutisna, Pejabat Gubernur DKI Jakarta, pejabat Pangkoopsudnas dan Dankodiklatau dari masa ke masa, Irjenau, Koorsahli Kasau, dan para Asisten KSAU.

Turut hadir segegenap jajaran Forkopimda DKI Jakarta dan sejumlah pejabat TNI/Polri lainnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas