Tribun

Optimis Pelaku UMKM Bisa Tambah Lapangan Kerja di 2023, Sandiaga Bagikan Kiat

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan kiat kepada pelaku usaha di seluruh Indonesia agar optimis menghadapi tantangan resesi perekonomian.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Optimis Pelaku UMKM Bisa Tambah Lapangan Kerja di 2023, Sandiaga Bagikan Kiat
Istimewa
Menparekraf Sandiaga Uno dalam Webinar Business Mentoring Class Tanya Expert bertema Jurus Jitu Bisnis Bisa Cuan di 2023 yang digelar Senin (5/12/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan kiat kepada pelaku usaha di seluruh Indonesia agar optimis menghadapi tantangan resesi perekonomian.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga Uno dalam Webinar Business Mentoring Class Tanya Expert bertema 'Jurus Jitu Bisnis Bisa Cuan Di 2023' yang digelar Senin kemarin.

"Hari ini kita akan bahas jurus jitu bisnis bisa cuan di tahun 2023, tentunya ini perlu kita sikapi dengan global resesi Indonesia yang masih bertumbuh. Karena itu tema ini menjadi sangat spesial," kata Sandiaga dilansir Selasa (6/12/2022).

Sandiaga mengatakan pada 2023 UMKM dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan membuka lapangan kerja baru bagi bangsa Indonesia.

Ia pun menjelaskan pelaku usaha perlu memiliki konsep '3Si' dalam mengembangkan daya beli masyarakat.

"Tahun 2023 justru menaikkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bukan hanya mengenai cuan, tetapi bisa menghadirkan peluang usaha serta lapangan kerja bagi Bangsa Indonesia," ujar Sandiaga.

"Saya menyarankan '3Si' inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," lanjut dia.

Sementara itu, salah seorang peserta webinar Toha menanyakan establish dalam menghadapi resesi ekonomi pada 2023 di tengah tantangan ekonomi.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Masyarakat Berlibur di Dalam Negeri saat Libur Natal dan Tahun Baru

Mendengar pertanyaan itu, Sandiaga mengatakan pelaku usaha dapat menghadirkan sektor unggulan, mengingat perubahan konsumen akan tetap membeli produk yang memiliki kualitas sesuai kebutuhan.

"Pesan kepada pelaku usaha, yaitu tiga sektor unggulan yang saya rekomendasi, pertama semua yang berkaitan dengan digitalisasi. Kedua fokus di kesehatan. Ketiga semua akan fokus pada kelestarian lingkungan hidup yang akan memberikan dampak secara signifikan," kata Sandiaga.

Dalam kegiatan ini, peserta terpilih akan mendapatkan pelatihan usaha hingga pendampingan sampai tahap lebih lanjut untuk mengembangkan usahanya.

"Kegiatan ini dihadiri 500 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, 25 peserta terpilih akan mendapatkan mentoring lanjutan dari expert Mentor HR Academy agar usaha mereka semakin berkembang" ujar Coach Wulan Ketua Batur SandiUno yang juga merupakan founder dari HR Academy.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas