Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Ingatkan Para Menteri dan Kepala Lembaga Hati-hati Buat Kebijakan

Presiden mengingatkan kepada para menteri dan kepala lembaga untuk tetap hati-hati dan waspada dalam memutuskan suatu kebijakan.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Presiden Ingatkan Para Menteri dan Kepala Lembaga Hati-hati Buat Kebijakan
Tangkapan layar (Tribunnews.com/Bambang Ismoyo)
Presiden Jokowi. Presiden mengingatkan kepada para menteri dan kepala lembaga untuk tetap hati-hati dan waspada dalam memutuskan suatu kebijakan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah arahan pada sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, pada Selasa, (6/12/2022).

Dalam arahannya Presiden mengingatkan kepada para menteri dan kepala lembaga untuk tetap hati-hati dan waspada dalam memutuskan suatu kebijakan yang dapat berpotensi memicu krisis keuangan, penurunan ekspor, hingga krisis pangan.

“Mengenai kondisi perekonomian tahun 2023. Sekali lagi, kita harus tetap hati-hati dan waspada, yang berkaitan dengan krisis keuangan, ekspor yang menurun, kemungkinan ekspor menurun, kemudian juga krisis pangan hati-hati mengenai ini,” kata Presiden.

Baca juga: Pembangunan Masif Infrastruktur pada Era Jokowi Dinilai Mampu Mengerakkan Ekonomi Daerah

Pasalnya kata Presiden krisis tersebut dapat berujung pada masalah sosial dan politik. Salah satunya kata Presiden yakni masalah beras, yang harus dihitung berul betul.

“Jangan sampai perhitungan kita keliru sehingga kita tidak menyiapkan reserve cadangan pada suatu titik cadangan kita habis dilihat oleh pedagang dan akhirnya harga beras pasti akan naik. Ini supply dan demand pasti akan menyimpulkan itu,” katanya.

Presiden mengatakan situasi dunia saat ini sedang tidak baik. Oleh karenanya ia meminta seluruh policy yang berkaitan dengan masyarakat dan hajat hidup orang banyak betul-betul dikalkulasi.

BERITA REKOMENDASI

“Kuncinya sekali lagi kolaborasi antara kementerian dan lembaga dan jangan terjebak pada egosektoral. Lakukan konsolidasi data, konsolidasi policy dan juga konsolidasi dari pelaksanaan implementasi,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas