Tribun

Torehkan Banyak Prestasi, Garin Nugroho Dapat Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa dari ISI Solo

Institut Seni Indonesia Surakarta memberikan penghormatan dan apresiasi atas pencapaian dan prestasi yang telah ditorehkan Garin Nugroho Riyanto

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Torehkan Banyak Prestasi, Garin Nugroho Dapat Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa dari ISI Solo
Instagram @isi_surakarta
Institut Seni Indonesia Surakarta memberikan penghormatan dan apresiasi atas pencapaian dan prestasi yang telah ditorehkan Garin Nugroho Riyanto (Dok: ISI Surakarta) 

TRIBUNNEWS.COM - Untuk pertama kalinya, Institut Seni Indonesia Surakarta memberikan penghormatan dan apresiasi atas pencapaian dan prestasi yang telah ditorehkan Garin Nugroho Riyanto di dunia Perfilman Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Garin Nugroho adalah salah satu tokoh sutradara senior yang secara konsisten berkarya, tidak hanya dalam lingkup penciptaan seni film, tapi ia juga mampu menembus dinding-dinding bidang kesenian lainnya.

Garin Nugroho secara luwes mampu menciptakan produk-produk yang kreatif dan inovatif.

Sebagai manusia yang selalu berkembang, pemikirannya maju ke depan, namun karya-karyanya tetap selalu dekat dengan perspektif kesejarahan Indonesia.

Ia mampu mengkombinasikan banyak ruang kesenian seperti dunia perfilman, seni peran, musik, karawitan, tari, tembang dan seni rupa.

Dengan 'racikan' berbagai bidang kesenian ini, Garin Nugroho mampu mampu menjawab berbagai persoalan dan keresahan masyarakat dalam hal yang lebih luas, baik persoalan pendidikan, agama, ekonomi, budaya bahkan sampai persoalan politik negeri.

Baca juga: Belum Beri Undangan, Garin Nugroho Akan Apresiasi Jika Jokowi Menonton Film Sepeda Presiden

Sehingga, layak jika Garin Nugroho mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa atau Dr. (H.C) Bidang Seni Penciptaan Film.

Pantauan Tribunnews.com di lapangan, penganugerahan yang digelar di ISI Surakarta, Selasa (6/12/2022) ini dilaksanakan di dua lokasi, yakni di Pendopo GPH Joyokusumo dan di Gedung Teater Besar Gendhon Humardani.

Adapun rangkaian acaranya adalah Sidang Senat Terbuka dan pemutaran Film Setan Jawa lengkap dengan gamelan seperangkatnya.

Sidang Senat Terbuka yang digelar di Pendhopo GPH Joyokusumo disaksikan ratusan tamu undangan dan mahasiswa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Rektor Dr I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum. dan seluruh pejabat tinggi ISI Surakarta.

Beberapa tamu undangan dari instansi pemerintahan maupun swasta juga turut menjadi saksi prosesi pemberian penghargaan ini.

Tak hanya seniman lokal, beberapa selebriti tanah air terlihat hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Reza Rahardian, Nicholas Saputra, Prilly Latuconsina, Widi Mulia, Morgan Oey, Asmara Abigail dan lain sebagainya.

Baca juga: Film Sepeda Presiden Menandakan 40 Tahun Garin Nugroho Berkarya

Pada prosesi penyerahan penghargaan ini, Dr. (H.C) Garin Nugroho Riyanto, S.H. terlihat menggunakan pakaian adat Jawa yakni Beskap berwarna merah, lengkap dengan pirantinya jarik, keris dan blangkonnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas