Tribun

Laksamana Yudo Margono Bakal Perankan Bimasena dalam Gelaran Wayang Orang Berlakon Pandowo Boyong

Laksamana Yudo Margono bakal memerankan Bimasena dalam pagelaran wayang orang dengan lakon Pandowo Boyong.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Laksamana Yudo Margono Bakal Perankan Bimasena dalam Gelaran Wayang Orang Berlakon Pandowo Boyong
Tribunnews.com/ Gita Irawan
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksmana TNI Yudo Margono saat konferensi pers di Mabesal Cilangkap pada Jumat (9/12/2022). Ia bicara soal gelaran wayang orang yang bakal diikutinya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono bakal memerankan Bimasena dalam pagelaran wayang orang dengan lakon Pandowo Boyong kolaborasi antara TNI AL, Laskar Indonesia Pusaka, dan Wayang Orang Bharata.

Tidak hanya Yudo, sejumlah Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut juga akan bermain peran di antaranya Pangkoarmada RI Laksamana Madya Herru Kusmanto sebagai Prabu Puntadewa dan Kadispenal Laksamana Pertama Julius Widjojono sebagai Jayajarata.

Selain para perwira tinggi Angkatan Laut tersebut, kalangan seniman yang juga akan bermain peran dalam lakon tersebut di antaranya Chocky Sitohang sebagai Arjuna, Marcella Zalianty sebagai Dewi Arimbi, Yessy Sutiyoso sebagai Dewi Suko, hingga Inayah Wahid sebagai istri Bagong.

Baca juga: Laksamana TNI Yudo Margono Bakal Perkuat Program Deradikalisasi, Respon Bom Bunuh Diri di Bandung

Yudo sendiri tampak sangat fasih ketika menceritakan lakon dan peran yang akan dimainkannya.

Ia mengatakan karakter Bimasena yang akan diperankannya adalah tokoh yang sangar dan tidak pernah tertawa.

Peran tersebut bukanlah pengalaman pertamanya bermain wayang orang.

Sebelumnya ia juga sudah pernah bermain peran dalam lakon Sukrosono ketika masih berpangkat Laksda bersama sejumlah perwira tinggi TNI Polri lainnya.

Baca juga: KPK Minta Bantuan Yudo Margono Hadirkan Eks KSAU Agus Supriatna di Sidang Korupsi Heli AW-101

Meski sangat menyukai kesenian wayang sejak dulu, ia menyadari sebagai seorang prajurit TNI sulit untuk memainkan peran dalam wayang orang.

"Ya pasti ada kendala, karena tari tarian-tariannya tidak sama dengan yang barata. Waktu itu saya dilatih agak sulit jadinya saya pakai gaya sendiri," kata Yudo saat konferensi pers di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (9/12/2022).

"Mungkin waktu itu rekan-rekan kalau lihat waktu sang sukrosono kalau lihat penampilan saya ketawa, itu karena jogetnya tidak pakemnya wayang ya dimaklumi. karen kan lebih memberikan hiburan kepada masyarakat," sambung dia.

Baca juga: KPK Minta Bantuan Yudo Margono Hadirkan Eks KSAU Agus Supriatna di Sidang Korupsi Heli AW-101

Pertunjukan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera dan pelestarian wayang orang sebagai Kesenian Tradisional Indonesia.

TNI Angkatan Laut menggelae pertunjukan tersebut bekerja sama dengan Laskar Indonesia Pusaka (LIP) dan didukung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Wayang dengan lakon “Pandowo Boyong” tersebut akan dilaksanakan di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki Jakarta pada (15/1/2023) mendatang.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas