Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ferdy Sambo Beri Perintah Chuck Putranto Periksa CCTV dan Ambil Kembali DVR dari Polres Jaksel

Ferdy Sambo mengakui telah memerintahkan terdakwa obstruction of justice Chuck Putranto untuk memeriksa CCTV Duren Tiga.

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Ferdy Sambo Beri Perintah Chuck Putranto Periksa CCTV dan Ambil Kembali DVR dari Polres Jaksel
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Terdakwa obstruction of justice?atau perintangan penyidikan pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Chuck Putranto tiba untuk menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (19/10/2022).?Chuck Putranto bersama lima orang lainnya menjalani sidang dakwaan terkait kasus obstruction of justice?atau perintangan penyidikan pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Ferdy Sambo terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J mengakui telah memerintahkan terdakwa obstruction of justice Chuck Putranto untuk memeriksa CCTV Duren Tiga.

Perintah ini disampaikan setelah skenario pembunuhan Brigadri J selesai disusun Ferdy Sambo.

"Setelah saya menyusun cerita yang tidak benar pada saat pasca penembakan, dalam rangka untuk mencoba membangun sebuah cerita skenario kepada Pimpinan Polri serta anggota-anggotanya dan penyidik yang datang di TKP."

"Saya menyampaikan cerita yang tidak benar atau skenario penembakan itu."

"Tanggal 9 juga saya perintahkan untuk cek kembali dalam rangka mendukung skenario atau cerita tidak benar itu tapi saya teringat bahwa CCTV Ini belum saya cek."

"Sehingga saya perintahkan waktu itu terdakwa Chuck (untuk memeriksa) CCTV Duren Tiga 'coba kamu copy dan lihat isinya'," perintah Ferdy Sambo dikutip dari Kompas Tv.

Baca juga: Marathon Tiap Minggu, JPU Mulai Kelelahan Jalani Sidang Ferdy Sambo Cs

"Beliau (Chuck) kemudian bertanya 'apa tidak apa-apa komandan?" kata Chuck kepada Ferdy Sambo.

BERITA TERKAIT

Mendengar petanyaan itu, Ferdy Sambo pun marah dan meminta Chuck untuk segera memeriksa.

Bahkan Ferdy Sambo mengaku siap bertanggung jawab atas masalah yang timbul di kemudian hari tentang perintah mengecek CCTV-nya itu.

"Karena kondisi waktu itu saya juga masih panik dan masih mencoba untuk mempertahankan cerita yang tidak benar itu, saya kemudian marah ke terdakwa sudah kamu jalanin aja perintah saya, saya tanggung jawab," jelas Ferdy Sambo.

Baca juga: Ferdy Sambo Menyerah Bongkar Skenario Kematian Brigadir J Agar Putri Candrawathi Tak Jadi Tersangka

Ferdy Sambo Sebut CCTV Rusak

Chuck mengatakan Ferdy Sambo sempat menyebut bahwa CCTV rumah di area dapur rusak.

Ferdy Sambo, kata Chuck, bahkan sempat memperlihatkan nada bicara yang meninggi setelah mendapat pertanyaan soal kamera CCTV .

Padahal kata Chuck, pertanyaannya itu bisa membuktikan lebih jelas soal peristiwa yang terjadi pada tanggal 8 Juli 2022, yakni tepat saat Brigadir J tewas.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas