Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PB IDI Minta Tenaga Kesehatan Tetap Komitmen Layani Masyarakat Selama Libur Nataru

Para tenaga kesehatan diminta tetap memegang komitmen untuk melayani masyarakat selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in PB IDI Minta Tenaga Kesehatan Tetap Komitmen Layani Masyarakat Selama Libur Nataru
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Para tenaga kesehatan diminta tetap memegang komitmen untuk melayani masyarakat selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Foto sejumlah penumpang berjalan menuju Kereta Api Argo Parahyangan di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr Moh Adib Khumaidi, Sp.OT., meminta para tenaga kesehatan tetap memegang komitmen untuk melayani masyarakat selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Menurutnya, edukasi harus terus diberikan kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga protokol kesehatan selama masa pandemi virus corona (Covid-19).




"Kami meminta para tenaga kesehatan untuk terus mengedukasi pasien dan masyarakat sekitar untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan menjaga kebersihan lingkungan," kata Dr Adib, dalam keterangan resminya yang diterima Tribunnews, Sabtu (24/12/2022).

Ketua Satgas Covid Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DR Dr Erlina Burhan, MSc, Sp.P(K)., juga mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pada momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Baca juga: Libur Nataru, Satgas Covid PB IDI Imbau Masyarakat Tetap Jaga Protokol Kesehatan  

Meskipun saat ini tren kasus virus corona (Covid-19) mengalami penurunan, namun bukan berarti masyarakat abai terhadap penggunaan masker.

Ia pun berharap arus liburan kali ini tidak memicu munculnya kasus baru.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, status pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih berlaku.

"Status pandemi masih berlaku, dan demikian juga halnya dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan oleh pemerintah," jelas Dr Erlina.

Ia mengatakan meskipun varian yang beredar saat ini memiliki sifat yang tergolong ringan, namun kewaspadaan harus tetap ditingkatkan.

"Selain itu, meski varian baru virus Covid yang ada saat ini tergolong ringan, namun bukan berarti varian lama sudah tidak ada," kata Dr Erlina.

Terkait kepadatan yang akan terjadi pada momen liburan akhir tahun ini, IDI pun mengimbau masyarakat untuk tetap mengenakan masker saat melakukan kegiatan publik.

"Oleh karena itu, kami berharap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan terutama menggunakan masker demi melindungi diri dan orang sekitar terutama saat berada di kerumunan," tegas Dr Erlina.

Mengenakan masker, kata dia, telah terbukti membantu mencegah penularan penyakit yang ditularkan melalui droplet.

Baca juga: Libur Nataru, 287 Ribu Tiket KA Ludes Terjual Keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023

"Meski aktivitas sekitar mulai berjalan normal, namun perilaku menggunakan masker sebaiknya tetap dilakukan terutama saat berada di kerumunan," papar Dr Erlina.

Dr Erlina meminta masyarakat yang memiliki gejala Covid-19 untuk segera melakukan pengujian dan tetap berada di rumah.

"Bagi masyarakat yang sedang mengalami gejala, tidak dianjurkan untuk bepergian, segera lakukan tes," ujar Dr Erlina.

Dia mengingatkan agar masyarakat juga segera melakukan vaksinasi booster, baik bagi mereka yang hendak melakukan perjalanan maupun tidak, terutama bagi masyarakat yang masuk ke dalam kelompok risiko tinggi seperti lanjut usia.

Dr Erlina juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan selalu mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin, serta tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas