Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ahli Pidana Tak Temukan Unsur Berencana dalam Pembunuhan Brigadir J

Dari uraian kronogis yang dijelaskan tim penasehat hukum Ferdy Sambo, Said tidak melihat adanya unsur berencana di dalam perkara pembunuhan Brigadir J

Penulis: Ashri Fadilla
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Ahli Pidana Tak Temukan Unsur Berencana dalam Pembunuhan Brigadir J
Tribunnews.com/Ashri Fadilla
Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi duduk di kursi terdakwa pada Selasa (3/1/2023). Dari uraian kronogis yang dijelaskan tim penasehat hukum Ferdy Sambo, Said tidak melihat adanya unsur berencana di dalam perkara pembunuhan Brigadir J 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini, Selasa (3/1/2023).

Dalam persidangan hari ini, terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi kembali menghadirkan ahli pidana sebagai saksi a de charge atau meringankan bagi mereka.

Ahli pidana tersebut menjelaskan beberapa hal terkait perkara ini berdasarkan bidang keilmuannya.




Satu di antara beberapa yang dijelaskan, yaitu perihal unsur kesengajaan Ferdy Sambo dalam peristiwa pembunuhan Brigadir J.

Ahli hukum pidana dari Universitas Hasanuddin, Said Karim tengah di sumpah sebelum persidangan di PN Jaksel, Selasa (3/1/2023).
Ahli hukum pidana dari Universitas Hasanuddin, Said Karim tengah di sumpah sebelum persidangan di PN Jaksel, Selasa (3/1/2023). (Tribunnews.com/Rahmat W Nugraha)

Awalnya tim penasehat hukum memaparkan kondisi Ferdy Sambo menjelang peristiwa pembunuhan.

"Bagaimana kalau sebenarnya tidak ada rencana melakukan pembunuhan, tapi yang ada adalah klarifikasi? Waktunya pun bukan sore hari, tapi malam hari.

Kemudian ada situasi di perjalanan. Ketika terdakwa FS melihat Yosua di depan gerbang menjadi sangat emosional," ujar pengacara Ferdy Sambo dalam persidangan pada Selasa (3/1/2023).

BERITA TERKAIT

"Apakah bisa disebut memenuhi aspek kesengajaan?" lanjutnya.

Baca juga: Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi akan Hadirkan Ahli Hukum Pidana untuk Ringankan Hukuman

Ahli Hukum Pidana dari Universitas Hasanuddin, Said Karim pun menjelaskan bahwa kesengajaan merupakan perbuatan nyata dari pelaku.

"Dan kematian ini memang dikehendaki oleh pelaku," katanya di dalam persidangan yang sama.

Kemudian dari uraian kronogis yang dijelaskan tim penasehat hukum, Said tidak melihat adanya unsur berencana di dalam perkara ini.

"Kalau saya mendengarkan uraian kronologis, saya tidak melihat adanya unsur berencana. Karena serta merta berhenti dan kemudian melakukan klarifikasi," ujarnya.

Dua terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah alias Brigadir J, Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi tidak bersedia saling bersaksi di dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023).
Dua terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah alias Brigadir J, Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi tidak bersedia saling bersaksi di dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023). (Tribunnews.com/Ashri Fadilla)

Untuk diketahui, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi menjadi terdakwa bersama tiga orang lainnya, yaitu Bripka Ricky Rizal, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, dan Kuwat Maruf.

Kelimanya telah didakwa pasal 340 subsidair Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke (1) KUHP dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Selain itu, ada pula terdakwa obstruction of justice atau perintangan perkara. Mereka ialah Hendra Kurniawan, Agus Nurpatria, Chuck Putranto, Irfan Widianto, Arif Rahman Arifin, dan Baiquni Wibowo.

Para terdakwa obstruction of justice telah didakwa Pasal 49 juncto Pasal 33 subsidair Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau dakwaan kedua pasal 233 KUHP subsidair Pasal 221 ayat (1) ke 2 KUHP juncto pasal 55 ayat 1 ke (1) KUHP.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas