Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lewat Muktamar ke-3 KMF, Marwan Jafar Terpilih sebagai Ketua PP Keluarga Mathaliul Falah

Marwan Jafar sebagai Ketua terpilih Pengurus Pusat KMF Periode 2023-2028, lewat Muktamar ke-3 Keluarga Mathaliul Falah (KMF).

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Lewat Muktamar ke-3 KMF, Marwan Jafar Terpilih sebagai Ketua PP Keluarga Mathaliul Falah
Istimewa
Potret Marwan Jafar yang terpilih sebagai Ketua Pengurus Pusat KMF Periode 2023-2028 . 

Laporan Reporter Tribunnews.com,  Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA) yang dipilih oleh peserta Muktamar Ke-3 Keluarga Mathaliul Falah (KMF) dalam sidang pleno III sebelumnya, memutuskan Marwan Jafar sebagai Ketua terpilih Pengurus Pusat KMF Periode 2023-2028.

"Adapun Dewan AHWA terdiri dari 9 orang dari unsur dewan pengasuh, pembina dan penasehat seluruh KMF Daerah dan KMF Pusat yang dipilih oleh peserta Muktamar pada sidang pleno III dan dua orang dari unsur PIM dan IPMAFA," kata Ketua Panitia SC Mohammad Alfuniam dalam keterangan yang diterima, Minggu (8/1/2023).




Sidang pleno III yang dipimpin KH. Muharor Afif memutuskan jajaran Dewan AHWA sebagai berikut KH. Abdullah Khoiruzzad Maddah (Ketua), Dr. Lutfan Muntaqo (Sekretaris), H. Mohammad Alfuniam, M. Phil. (Anggota), KH. Muharor Afif (Anggota), KH. Imam Islahudin (Anggota), Sugiyono (Anggota), Dr. A. Turmudzi (Anggota), Abdullah Sidiq (Anggota), KH. Imam Al-Mukromin (Anggota), KH. Muhammad Abbad Nafi' (Perwakilan PIM), Dr. Ali Subhan (Perwakilan IPMAFA).

Dewan AHWA terpilih kemudian bermusyawarah untuk memilih Ketua PP KMF dari 8 calon yang diajukan oleh peserta Muktamar. 8 calon tersebut yaitu Dr. Lutfan Muntaqo, H. Alfuniam, H. Marwan Jafar, Dr. Saiful Umam, Hj. Saidah Sakwan, Sugiyono, Aziz Hakim, dan H. Nurul Yaqin. 

Akhirnya, setelah musyawarah cukup alot dan lama, dewan AHWA dengan bulat sepakat memberikan amanat kepada Marwan Jafar sebagai Ketua PP KMF Periode 2023-2028.

Marwan sendiri merupakan alumni Perguruan Islam Mathali'ul Falah tahun 1990.

BERITA TERKAIT

Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI pada tahun 2014-2016. Sekarang, Marwan merupakan anggota DPR RI. 

Hasil musyawarah Dewan AHWA tersebut kemudian disahkan oleh peserta Muktamar dalam Sidang Pleno III.

"Dengan memohon taufiq dan ridho Allah SWT., seluruh peserta Muktamar Ke-3 KMF berharap semoga ketua terpilih mampu menjalankan amanah dengan baik," ujar Alfuniam.

Sebelumnya, Keluarga Mathaliul Falah atau KMF menggelar Muktamar ke-3 di Kampus I UIN Walisongo, Kota Semarang. Adapun KMF merupakan jaringan alumni Perguruan Islam Mathaliul Falah (PIM) Kajen Pati.

Baca juga: Urgensi Memperluas BBM Satu Harga

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah (Jateng) H. Taj Yasin Maimoen selaku wakil pemerintah yang hadir dalam pembukaan muktamar KMF mengaku senang kegiatan ini dilaksanakan di kotanya.

Taj Yasin menyebutkan kehadiran muktamar inu sudah diwanti-wanti oleh istrinya, Hj. Nawal Arofah yang merupakan alumnus Perguruan Islam Mathaliul Falah (PIM) Kajen Pati.

Menurutnya, organisasi pesantren harus dikuatkan identitasnya terutama di kampus. Hal ini karena ada alumni pesantren yang tidak berani membuka identitasnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas