Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud MD Lebih Pilih Minum Kopi Bareng Rizal Ramli Dibanding Debat Terbuka

Sejauh ini Mahfud MD enggan untuk melakukan debat terbuka dengan Rizal Ramli karena secara garis besar sudah mengetahui adab dari yang bersangkutan

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Mahfud MD Lebih Pilih Minum Kopi Bareng Rizal Ramli Dibanding Debat Terbuka
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI (Menkopolhukam) Prof Mahfud MD memberikan keterangan atas perdebatannya dengan Mantan Menko Kemaritiman RI Rizal Ramli di media sosial Twitter.

Mahfud menyebut, sejauh ini dirinya enggan untuk melakukan debat terbuka dengan Rizal Ramli karena secara garis besar sudah mengetahui adab dari yang bersangkutan.

Dibanding melakukan debat terbuka, Mahfud secara terang-terangan memilih hanya untuk sekedar ngopi bareng dengan Rizal Ramli.

"Dia sudah maki-maki orang banyak masa saya suruh berdebat sama dia (Rizal Ramli) tapi kalau minum kopi dengan dia masih sering, dan besok saya mau minum kopi lagi begitu," kata Mahfud seraya tertawa saat ditemui di Kantor Kemenkopolhukam RI, Jakarta, Minggu (8/1/2023).

Dalam kesempatan ini, Mahfud turut membeberkan soal perdebatannya dengan Rizal Ramli di media sosial Twitter yang mengundang banyak reaksi netizen.

Baca juga: Mahfud MD Nilai Wajar Ada Penolakan Sebagian Masyarakat Terbitnya Perppu Cipta Kerja

Kata dia, perdebatan itu dimunculkan karena adanya komentar yang tidak mendasar dari Rizal Ramli yang masuk dalam cuitannya.

BERITA REKOMENDASI

Oleh karena itu, dirinya mengaku langsung merespons pernyataan Rizal Ramli melalui cuitannya yang diunggah sendiri.

"Ketika Rizal bilang 'Mahfud MD itu intelektualnya merosot dan menjadi penjilat itu kan nggak ada hubungannya dengan yang kita diskusikan. Saya bilang kamu yang bodoh dan ngawur kan gitu', kan setara itu," ucap dia.

Tak segan, Mahfud MD juga turut menilai kalau Rizal Ramli melalui pernyataannya di twitter merupakan sosok yang bodoh.

"Lalu dia bilang Mahfud MD itu menghina pendiri negara karena mengatakan para orang yang masuk ke kekuasaan itu menjadi iblis, dia yang goblok, kapan saya bilang begitu?" ucap Mahfud MD.

Sebab, apa yang diungkapkan oleh Rizal Ramli terkait dengan Perppu Cipta Kerja itu tidak berdasar dan tidak bersumber.

"Dimana sumbernya? berarti goblok, berarti dia (Rizal Ramli) saya bilang anda mencerca orang dengan cara itu, selama ini Sri Mulyani diam, Presiden diam, saya Ndak. Saya nggak, Anda bilang saya lawan, dan ini nggak ada hubungannya dengan argumen, karena argumen sudah, argumen kan sudah saya katakan tadi itu kan argumen" kata dia.

"Kalau mau argumen itu dong intelektual tapi lalu bilang intelektualnya merosot itu sudah personal, kan gitu," tukas Mahfud.

Sebelumnya, perdebatan terjadi di ranah media sosial twitter antara Menkopolhukam Mahfud MD dengan Mantan Menko Kemaritiman RI Rizal Ramli.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas