Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penyidik KPK Serahkan Berkas Tahap II Kasus Korupsi LPDB-KUMKM ke JPU

Kemas Daniel dkk ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait penyaluran dana oleh LPDB-KUMKM di Provinsi Jawa Barat.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Penyidik KPK Serahkan Berkas Tahap II Kasus Korupsi LPDB-KUMKM ke JPU
Tribunnews.com/ Ilham Rian Pratama
Foto dok./ Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan berkas tahap dua kasus dugaan korupsi penyaluran dana bergulir oleh lembaga pengelola dana bergulir koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (LPDB-KUMKM) Tahun 2012-2013 ke jaksa penuntut umum (JPU).

Adapun para tersangkanya yakni Direktur LPDB-KUMKM periode 2010-2017 Kemas Danial (KD), Ketua Pengawas Koperasi Pedagang Kaki Lima Panca Bhakti Jawa Barat Dodi Kurniadi (DK), Sekretaris II Koperasi Pedangan Kaki Lima Panca Bhakti Jawa Barat Deden Wahyudi (DW), dan Direktur PT Pancamulti Niagapratama (PN) Stefanus Kusnadi (SK).

"Tim penyidik, telah selesai melaksanakan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) dengan tersangka KD l dkk pada tim jaksa karena dari isi kelengkapan berkas perkara telah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan KUHAP," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Sabtu (14/1/2023).

Baca juga: Periksa Eks Menteri Koperasi Syariefuddin Hasan, KPK Dalami Alokasi Dana ke LPDB-KUMKM

Dikatakan Ali, penahanan masih dilakukan untuk masing-masing selama 20 hari kedepan sampai dengan 8 Februari 2023.

Kemas ditahan di Rutan KPK pada gedung Merah Putih.

Dodi dan Deden ditahan di Rutan KPK pada gedung Kavling C1.

BERITA REKOMENDASI

Sementara Stefanus ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

"Pelimpahan berkas perkara dan surat dakwaan ke Pengadilan Tipikor segera dilakukan dalam waktu 14 hari kerja," kata Ali.

Diketahui, Kemas Daniel dkk ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait penyaluran dana oleh LPDB-KUMKM di Provinsi Jawa Barat.

"Diawali pengumpulan informasi dan data yang kemudian ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan perkara ini pada tahap penyidikan, dengan menetapkan dan mengumumkan tersangka," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2022).

Ghufron membeberkan, kasus ini bermula sekitar tahun 2012 saat Stefanus Kusnadi menemui Kemas Danial dan menawarkan bangunan Mall Bandung Timur Plaza (BTP) yang kondisi bangunannya belum selesai seratus persen.

Tawaran Stefanus agar Kemas dapat membantu dan memfasilitasi pemberian pinjaman dana dari LPDB-KUMKM.

Kemas kemudian menyetujui penawaran tersebut dan merekomendasikan Stefanus untuk segera menemui Andra A Ludin selaku Ketua Pusat Koperasi Pedagang Kaki Lima Panca Bhakti Jawa Barat (Kopanti Jabar) agar bisa mengondisikan teknis pengajuan pinjaman dana bergulir melalui permohonan ke Kopanti Jabar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas