Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Singgung Soal Politik Identitas di Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 

Jokowi meminta kepala daerah dan jajaran di Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menjaga stabilitas politik menjelang Pemilu 2024

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Presiden Singgung Soal Politik Identitas di Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 
Larasati Dyah
Presiden di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tahun 2023 di Sentul International Convention Center (SICC) pada Selasa (17/1/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah dan jajaran di Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menjaga stabilitas politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ia meminta kepala daerah dan Forkopimda memetakan kerawanan Pemilu, serta mengingatkan agar TNI dan Polri untuk tidak ikut dalam politik praktis.

Hal ini disampaikan Presiden di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tahun 2023 di Sentul International Convention Center (SICC) pada Selasa (17/1/2023).




"Saya minta betul saudara-saudara bisa menjaga situasi kondusif, menjaga agar masyarakat kita tidak menjadi korban politik. Utamanya politik identitas," kata Jokowi.

"Saya ingatkan TNI dan Polri tidak berpolitik praktis. Petakan yang namanya potensi kerawanan. Jangan pas kejadian pontang panting sibuk ke sana ke sini. salah siapa ini salah siapa ini," lanjutnya.

Memasuki tahun politik, Presiden meminta kepala daerah dan Forkopimda memiliki sensitivitas dan sering turun ke lapangan.

Harapannya kejadian kecil bisa segera diatasi, dan tidak menjadi masalah besar.

BERITA TERKAIT

"Tahun ini sudah masuk tahun politik harus memiliki sensitivitas dan sering turun ke lapangan sehingga kejadian kecil bisa segera diredakan. Saya titip betul masalah ini," ujarnya.

Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional atau Rakornas, Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda tahun 2023.

Acara ini mengangkat tema “Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”. 

Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda tahun 2023 berlangsung di Sentul International Convention Centre (SICC) Kabupaten Bogor pada Selasa (17/Januari/2023). 

Rakornas ini dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan turut dihadiri hampir semua menteri di kabinet Indonesia Maju jilid dua.

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan sekira 4.445 undangan, baik dari pusat dan daerah hadir dalam acara ini.

Baca juga: Jokowi Minta Kepala Daerah Jaga Masyarakat agar Tidak Jadi Korban Politik Identitas

Kemendagri memandang pentingnya peran Kepala Daerah dan Forkopimda dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi maupun pengendalian inflasi di daerah. 

Dalam pengarahannya, Presiden Jokowi juga mengapresiasi atas kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menangani pandemi, Sehingga pandemi bisa ditanggulangi dengan baik dan stabilitas ekonomi tetap terjaga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas