Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

2 Contoh Teks Khutbah Jumat Bulan Rajab 1444 H Tahun 2023

Inilah 2 contoh khutbah Jumat dalam rangka bulan Rajab 1444 H tahun 2023, tentang hidup penuh berkah di Bulan Rajab, dan tentang hikmah bulan Rajab.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in 2 Contoh Teks Khutbah Jumat Bulan Rajab 1444 H Tahun 2023
TribunWow.com/Rusintha Mahayu
Doa bulan Rajab - Inilah 2 contoh khutbah Jumat dalam rangka bulan Rajab 1444 H tahun 2023, tentang hidup penuh berkah di Bulan Rajab, dan tentang hikmah bulan Rajab. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut adalah contoh khutbah Jumat dalam rangka bulan Rajab 1444 H tahun 2023.

Diketahui, berdasarkan penanggalan kalender hijriah, sejak tanggal 23 Januari 2023, umat Islam sudah memasuki bulan Rajab.

Bulan Rajab adalah satu di antara bulan yang dimuliakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dua contoh teks khutbah Jumat bertema bulan Rajab ini dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat.

Khutbah pertama tentang hidup penuh berkah di Bulan Rajab, dan kedua tentang hikmah bulan Rajab.

Simak dua contoh khutbah jumat Bulan Rajab, dikutip dari Kemenag, berikut ini.

Baca juga: Kemuliaan Bulan Rajab Menurut Rasulullah dan Amalan yang Dapat Dikerjakan Umat Islam

1. Hidup penuh Berkah di Bulan Rajab

BERITA TERKAIT

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ الزّمَانَ وَفَضَّلَ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَخَصَّ بَعْضُ الشُّهُوْرِ وَالأَيَّامِ وَالَليَالِي بِمَزَايَا وَفَضَائِلَ يُعَظَّمُ فِيْهَا الأَجْرُ والحَسَنَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى بِقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ إِلَى الرَّشَادِ. اللّهُمَّ صَلّ وسّلِّمْ علَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وِعَلَى آلِه وأصْحَابِهِ هُدَاةِ الأَنَامِ في أَنْحَاءِ البِلاَدِ. أمَّا بعْدُ، فيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى بِفِعْلِ الطَّاعَاتِ فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Jamaah yang di Rahmati oleh Allah SWT,

Puji syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan beragam nikmat, antara lain pada siang ini kita dapat menjalankan perintah shalat Jumat berjamaah.

Karenanya, pada kesempatan ini mari kita maksimalkan dengan menjalankan perintah dan menjauhi yang dilarang atau takwallah. Kita berupaya agar takwa kepada Allah SWT setiap pekan terus bertambah dan kian tebal, amin ya rabbal almin.

Hadirin Rahimakumullah

Suatu hari Rasulullah bersama sahabatnya mendapati situasi krisis air. Hingga waktu shalat ashar tiba, mereka yang berikhtiar mencarinya di berbagai tempat tidak berhasil memperolehnya. Air yang tersedia hanyalah air sisa yang jumlahnya tak banyak.

Dalam situasi tersebut, Nabi melakukan sesuatu yang membuat orang tercengang. Rasulullah memasukkan tangannya ke dalam air sisa yang berada dalam sebuah wadah itu dan berseru kepada para sahabatnya: Ayo mulailah berwudhu. Berkah datang dari Allah.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas