Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Ibaratkan Ramainya Parpol Tertarik Tampung Kaesang seperti Peribahasa Ada Gula Ada Semut

Pengamat mengibaratkan banyaknya parpol tertarik ke Kaesang seperti peribahasa ada gula ada semut.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Pengamat Ibaratkan Ramainya Parpol Tertarik Tampung Kaesang seperti Peribahasa Ada Gula Ada Semut
KOMPAS.com/LABIB ZAMANI
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep di Solo, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022). Pengamat mengibaratkan banyaknya parpol tertarik ke Kaesang seperti peribahasa ada gula ada semut. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Eksekutif Indonesia Politican Review (IPR) Ujang Komarudin mengibaratkan ramainya partai politik (parpol) tertarik untuk menampung putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep seperti peribahasa ada gula ada semut.

Bukan tanpa alasan, Ujang mengutip peribahasa tersebut lantaran Kaesang masih menjadi anak Jokowi yang kini menjadi orang satu di Indonesia.

Ujang mengungkapkan Jokowi juga menjadi sentral kekuasaan dalam pemerintahan sehingga menjadi hal yang lumrah ketika Kaesang menginginkan sesuatu seperti terjun ke politik, maka banyak parpol tertarik untuk menampungnya.

“Ya seperti ‘ada gula ada semut’. Nah disitulah ketika Jokowi berkuasa, masih punya power dan telunjuk untuk menentukan sesuatu di republik ini, maka tidak aneh dan tidak heran banyak partai politik ingin merangkul Kaesang hingga saat ini,” ujarnya saat dihubungi Tribunnews.com, Jumat (27/1/2023).

Lalu ketika ditanya apa nilai jual dari Kaesang ketika masuk dunia politik, Ujang hanya mengungkapkan satu hal yaitu serta-merta dirinya hanya anak dari Joko Widodo yang kini masih menjabat sebagai presiden.

“Ya nilai tawarnya hanya anak Jokowi yang dimana banyak orang takut untuk patuh kepada presiden. Sudah saya analisa jauh-jauh hari ya, jangankan anak presiden, anak bupati dan gubernur pun ketika dia maju sebagai caleg, menang dia,” katanya.

Baca juga: Ramai Parpol Ingin Gaet Kaesang, Pengamat: Bisa Beri Insentif Elektoral

Ujang pun juga mengungkapkan Kaesang kini memiliki privilege atau hak spesial untuk menjadi apapun yang dia mau.

BERITA REKOMENDASI

Sehingga, katanya, privilege yang dimiliki Kaesang ini menjadi alasan banyak parpol tertarik untuk menampungnya sebagai kader.

“Anak presiden itu punya karpet merah, tiket jalan tol, atau privilege. Itu semua politisi paham dan tahu. Makannya partai-partai berlomba-lomba untuk mendapatkan Kaesang. Titik nggak ada yang lain,” tegasnya.

Di sisi lain, Ujang pun meyakini ketika Jokowi sudah tidak menjabat sebagai presiden, maka tak ada parpol yang bakal melirik suami Erina Gudono tersebut.

“Coba kalau Jokowi sudah beres (tidak menjabat jadi presiden), nggak laku itu Kaesang. Jadi ini soal power dan kekuasaan (Jokowi),” ujarnya.

6 Parpol Minati Kaesang

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep (kiri) dan logo partai politik (kanan). 9 partai politik parlemen memberikan respons menyikapi ketertarikanKaesang Pangarep masuk ke dunia politik.
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep (kiri) dan logo partai politik (kanan). 9 partai politik parlemen memberikan respons menyikapi ketertarikanKaesang Pangarep masuk ke dunia politik. (Kloase Tribunnews.com/ KPU)

Sebelumnya, Kaesang berniat untuk masuk ke dunia politik dan telah diketahui Jokowi dan kakaknya sekaligus Wali Kota Solo.

Niat Kaesang ini pun disambut positif oleh setidaknya enam partai hingga saat ini yaitu PDIP, Golkar, PAN, PPP, Gerindra, dan PSI.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas