Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Isu Reshuffle Kabinet Besok Rabu Pon, Jokowi Panggil Menteri, tapi 2 Menteri NasDem Tak Terlihat

Dua menteri NasDem tak terlihat saat Jokowi memanggil menteri dan pejabat negara ke Istana, di tengah isu reshuffle akan dilakukan besok Rabu Pon.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Daryono
zoom-in Isu Reshuffle Kabinet Besok Rabu Pon, Jokowi Panggil Menteri, tapi 2 Menteri NasDem Tak Terlihat
DOK. Kementan/Biro Setpres/ISTIMEWA
Syahrul Yasin Limpo, Presiden Jokowi, dan Siti Nurbaya Bakar. Dua menteri NasDem tak terlihat saat Jokowi memanggil menteri dan pejabat negara ke Istana, Selasa (31/1/2023), di tengah isu reshuffle akan dilakukan besok Rabu Pon. 

TRIBUNNEWS.com - Dua menteri NasDem, Syahrul Yasin Limpo dan Siti Nurbaya Bakar, tak tampak batang hidungnya saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah menteri dan pejabat negara ke Istana, Selasa (31/1/2023).

Pemanggilan para menteri dan pejabat negara ini semakin memperkuat Jokowi akan me-reshuffle kabinetnya pada besok Rabu (1/2/2023), yang bertepatan dengan Rabu Pon.

Selama ini, Jokowi banyak melakukan hal penting pada Rabu Pon

Terlebih Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian tak hadir saat rapat internal membahas masalah beras.

Justru, yang terlihat hadir adalah Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan; Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog), Budi Waseso; dan Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo.

Meski demikian, Budi Waseso mengatakan hanya ia, Zulhas, dan Arief yang memang diundang ke Istana Negara untuk membahas soal beras.

Ia mengaku tak tahu mengapa Syahrul Yasin tak turut diundang dalam rapat internal tersebut.

Baca juga: Kilas Balik Reshuffle ala Jokowi: Selalu Pilih Rabu Pon atau Rabu Pahing

BERITA TERKAIT

“Orang yang diundang saya cuma bertiga urusan beras, ya ini kan masalah penyaluran operasi pasar Mendag itu stabilisasi saya pelaksananya, Pak Arief itu yang ngitung neracanya,” kata Budi Waseso, Selasa.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, ketidakhadiran Syahrul Yasin Limpo menjadi pertanda Menteri Pertanian ini masuk dalam radar reshuffle.

Padahal, menurut Dedi, Syahrul Yasin harusnya hadir karena rapat internal yang digelar membahas soal beras.

"Memang seharusnya SYL ada dalam rapat jika pembahasannya adalah beras, ia bertanggung jawab soal itu," kata Dedi kepada Tribunnews.com, Selasa.

"Bisa saja ini menandai jika SYL masuk radar reshuffle, terlebih beberapa hal memang Mentan terlihat mengecewakan," lanjutnya.

Selain Syahrul Yasin Limpo, Siti Nurbaya Bakar selaku Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK) juga tidak terlihat di Istana.

Padahal ada rapat internal yang membahas soal kehutanan.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas