Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bersama Gerindra, Golkar dan PDIP, Peneliti: Perindo Dianggap Publik Sebagai Partai Peduli Pertanian

Survei Political Weather Station (PWS) masuknya partai "baru", yakni Perindo dalam jajaran 4 besar partai politik yang peduli terhadap sektor pertania

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Bersama Gerindra, Golkar dan PDIP, Peneliti: Perindo Dianggap Publik Sebagai Partai Peduli Pertanian
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei Political Weather Station (PWS) yang dilakukan pada 23 sampai 31 Januari 2023 di 34 Provinsi, menghasilkan sejumlah temuan.

Satu di antaranya adalah masuknya partai "baru", yakni Perindo dalam jajaran 4 besar partai politik yang peduli terhadap sektor pertanian.

"Sebanyak 6,7 persen responden menilai Partai Perindo peduli terhadap masalah pertanian di Republik ini," kata Peneliti PWS Sharazani, belum lama ini.

Hasil survei ini berdasarkan jawaban responden saat ditanya tentang 18 partai politik peserta Pemilu 2024.

Sekiranya bunyi pertanyaan tersebut, yakni partai apakah yang menurut Anda paling memiliki perhatian atau kepedulian terhadap masalah pertanian?

"Partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini juga dipersepsikan publik sebagai salah satu partai yang peduli masalah pertanian bersama Partai Gerindra, PDI Perjuangan dan Partai Golkar," ungkap Sharazani.

Adapun, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menilai perlu ada kebijakan yang berpihak sebagai solusi atas lapangan kerja yang saat ini menjadi tantangan bagi generasi muda.

BERITA TERKAIT

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) yang memaparkan strategi tepat sasaran bagi masa depan generasi muda, belum lama ini.

"Indonesia ke depan menghadapi tantangan menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Pada 2045, jumlah penduduk Indonesia mencapai 319 juta jiwa, atau bertambah 40 juta dari saat ini. Ditambah dengan efisiensi dari digitalisasi, kebutuhan lapangan kerja akan semakin besar," kata HT.

HT mengatakan tantangan atas lapangan kerja bagi generasi muda perlu dipecahkan dengan penciptaaan lapangan kerja secara masif melalui percepatan masyarakat yang belum produktif menjadi produktif dan menjadi pencipta lapangan kerja baru.

Baca juga: TGB Zainul Majdi Minta Jajaran Pengurus Wilayah Perindo Siapkan Mental Petarung di Pemilu 2024

Saat memaparkan solusi atas permasalahan lapangan kerja bagi generasi muda, HT menguraikan saat ini jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai lebih dari 99 persen dan sisanya kurang dari 1 persen adalah pelaku usaha non-UMKM, termasuk BUMN.

"Apakah mungkin PT-PT, termasuk BUMN, menciptakan lapangan kerja 60 juta lebih misalnya dalam waktu 20 tahun mendatang? Tidak mungkin. Sehingga tidak ada cara lain. Kita harus mampu mengentaskan pihak-pihak yang sekarang mungkin belum produktif untuk menjadi produktif, sehingga mereka ikut serta membangun ekonomi."

HT bersyukur atas hasil survei PWS, di mana Partai Perindo menduduki peringkat 4 besar partai yang peduli pertanian.

Begitu pula dengan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan elektabilitas Partai Perindo mencapai 4,8 persen dan berada di posisi peringkat ke-7 besar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas