Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kedubes Turki Imbau Warga Salurkan Bantuan Gempa di Lembaga Resmi, Sebut Ada Dugaan Penyalahgunaan

Kedubes Turki di Jakarta menyebut ada sekolah berafiliasi teroris melakukan penipuan dengan berkedok donasi bagi korban gempa Turki di Suriah.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Kedubes Turki Imbau Warga Salurkan Bantuan Gempa di Lembaga Resmi, Sebut Ada Dugaan Penyalahgunaan
AFP/OZAN KOSE
Pemandangan udara ini menunjukkan bangunan yang runtuh selama operasi penyelamatan yang sedang berlangsung di Kahramanmaras, pusat gempa berkekuatan 7,8 skala Richter pertama lima hari lalu, di tenggara Turki, pada 10 Februari 2023. Kedubes Turki di Jakarta menyebut ada sekolah berafiliasi teroris melakukan penipuan dengan berkedok donasi bagi korban gempa Turki di Suriah. 

TRIBUNNEWS.COM - Kedutaan Besar (Kedubes) Turki di Jakarta mengumumkan adanya penipuan penggalangan donasi bagi korban gempa Turki-Suriah yang dilakukan oleh sebuah sekolah di Indonesia.

Adapun pengumuman ini disampaikan melalui sebuah surat yang diunggah di akun Twitter resmi Kedubes Turki di Jakarta, @TC_CakartaBE.

Dalam surat tersebut, tertulis bahwa penipuan berkedok donasi bagi korban gempa Turki-Suriah itu dilakukan oleh sebuah sekolah di Indonesia.




"Di beberapa situs media sosial, telah ditemukan penggalangan donasi untuk bantuan gempa Turkiye yang dilakukan oleh sekolah yang beroperasi di Indonesia," tulis pengumuman tersebut, dikutip pada Kamis (16/2/2023).

Kedubes Turki menyebut, sekolah tersebut memiliki hubungan atau berafiliasi dengan organisasi teroris bernama FETO.

Organisasi itu, disebut telah bertanggungjawab dalam upaya kudeta di Turki pada tahun 2016.

Baca juga: Turki Tangkap 78 Orang Terkait Postingan Provokatif Tentang Gempa di Media Sosial

Hal ini, lanjut surat tersebut, membuat Kedubes Turki memastikan donasi yang disumbangkan oleh penyumbang ke sekolah itu tidak akan sampai ke korban gempa dan justru masuk ke kantong organisasi FETO.

BERITA TERKAIT

"Sekolah ini memiliki hubungan dengan organisasi teroris FETO yang bertanggungjawab atas upaya kudeta di Turkiye pada bulan Juli tahun 2016. Oleh karena itu, donasi yang diberikan ke lembaga ini pasti tidak akan sampai ke Turkiye," tulis pengumuman tersebut.

"Kemungkinan besar, donasi yang dikumpulkan dengan itikad baik ini akan digunakan untuk tujuan organisasi teroris yang terkait dengan FETO," lanjutnya.

Kedubes Turki pun meminta agar masyarakat Indonesia yang ingin berdonasi bagi korban gempa Turki-Suriah menyalurkannya ke lembaga resmi, seperti Palang Merah Turki atau AFAD atau langsung ke Kedubes Turki.

Adapun nomor rekening dari Kedubes Turki untuk menampung donasi gempa Turki-Suriah adalah 0700010876055 (mata uang dolar AS) atau 0700010876014 (mata uang Rupiah).

Nomor rekening Kedubes Turki tersebut merupakan dari Bank Mandiri.

Bantuan Logistik Indonesia Sampai di Turki

Pesawat Hercules C-130 Noreg A-1326 Skadud 32 dengan 18 crew yang datang ke Turki untuk mengangkut peralatan SAR serta bantuan kemanusiaan gelombang pertama tanggal 12 Februari lalu  tersebut diperpanjang masa penugasannya Kemanusiaan di Turki. Selasa (14/2/2023). Pemerintah Indonesia dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) saat ini tengah memperbantukan pesawat angkut Hercules C-130 beserta awak pesawatnya kepada Pemerintah Turki. (Biro Humas Setjen Kemhan RI/TRIBUNNEWS) *** Local Caption *** Pesawat dan Awak Hercules C-130 Diperpanjang Masa Penugasan
Pesawat Hercules C-130 Noreg A-1326 Skadud 32 dengan 18 crew yang datang ke Turki untuk mengangkut peralatan SAR serta bantuan kemanusiaan gelombang pertama tanggal 12 Februari lalu tersebut diperpanjang masa penugasannya Kemanusiaan di Turki. Selasa (14/2/2023). Pemerintah Indonesia dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) saat ini tengah memperbantukan pesawat angkut Hercules C-130 beserta awak pesawatnya kepada Pemerintah Turki. (Biro Humas Setjen Kemhan RI/TRIBUNNEWS) *** Local Caption *** Pesawat dan Awak Hercules C-130 Diperpanjang Masa Penugasan (Puspen TNI/Puspen TNI)

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri, pesawat Hercules C1-130 milik TNI AU telah sampai di Bandara Etimesgut Ankara dan langsung mengirim bantuan logistik dari Indonesia ke Kahrmanmaras yang menjadi salah satu daerah paling terdampak gempa.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas