Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

4 Negara Sahabat Puji Peran Indonesia di Kancah Internasional dalam Berbagai Bidang

Negara sahabat puji peran Indonesia di kancah internasional dalam berbagai bidang. Duta Besar dari 11 negara menghadiri acara di Istana Merdeka.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: bunga pradipta p
zoom-in 4 Negara Sahabat Puji Peran Indonesia di Kancah Internasional dalam Berbagai Bidang
Presiden RI
Duta besar (dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBPP) untuk Indoensia dari 11 negara menghadiri acara penyerahan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/02/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr) 

TRIBUNNEWS.COM - Sebelas duta besar (dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBPP) menyerahkan surat kepercayaan pada Presiden Indonesia, Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (20/2/2023).

Mereka juga menyampaikan pandangannya tentang peran Indonesia di kancah internasional.

Selain itu, 11 negara tersebut menyatakan ingin menjalin hubungan dan kerja sama di berbagai bidang dengan Indonesia.

Duta Besar LBBP Konfederasi Swiss untuk Republik Indonesia, Olivier Zehnder, mengatakan Indonesia adalah bagian dari negara yang berperan utama dalam politik dan ekonomi dunia.

Olivier Zehnder menilai peran tersebut dari Presidensi G20 pada tahun 2022 lalu dan sebagai Ketua ASEAN pada 2023.

Baca juga: Saat Indonesia Dipuji Para Dubes Negara Sahabat

Kini, negaranya menerapkan perjanjian perdagangan bebas antara Swiss dan Indonesia.

“Kami memiliki lebih dari 70 tahun hubungan diplomatik, 50 tahun kerja sama ekonomi, kami sekarang menerapkan perjanjian perdagangan bebas kami antara Swiss dan Indonesia dan implementasinya sangat menjanjikan,” ujar Dubes Olivier Zehnder, dikutip dari laman Presiden RI.

BERITA REKOMENDASI

Ia mengatakan Swiss akan menjadi mitra yang inovatif, pragmatis, dan andal.

Presiden Jokowi berfoto bersama dengan Olivier Zehnder, Duta Besar LBBP Konfederasi Swiss untuk Republik Indonesia di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/02/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi berfoto bersama dengan Olivier Zehnder, Duta Besar LBBP Konfederasi Swiss untuk Republik Indonesia di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/02/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr) (Presiden RI)

Penilaian lain datang dari Abdulmonem Annan, Duta Besar LBBP Republik Arab Suriah untuk Republik Indonesia.

Abdulmonem Annan menilai kepemimpinan Indonesia membuat negara ini memiliki posisi di antara negara-negara kuat.

Ia berharap peran Indonesia di dunia meningkat.

“Saya suka Indonesia sebagai bangsa dan sebagai pemerintah. Yang sangat menarik bagi saya adalah visi politik dan rasionalitas tinggi yang dimiliki kepemimpinannya sehingga membawa Indonesia ke posisinya saat ini di antara negara-negara paling kuat di dunia," katanya.

Presiden Jokowi berfoto bersama dengan Abdulmonem Annan, Duta Besar LBBP Republik Arab Suriah untuk Republik Indonesia di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/02/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi berfoto bersama dengan Abdulmonem Annan, Duta Besar LBBP Republik Arab Suriah untuk Republik Indonesia di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/02/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr) (Presiden RI)

Baca juga: Kembali ke Indonesia, Tim INASAR Akhiri Operasi Penyelamatan Korban Gempa di Turki

Lain dengan dubes dari dua negara sebelumnya, Jayanath Siri Kumara, Duta Besar LBBP Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka mengatakan Indonesia adalah teman baik.

Ia menilai Indonesia dan Sri Lanka merupakan dua teman baik dalam sejarah.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas