Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wapres Ma'ruf Amin: Diaspora Indonesia Miliki Peran Penting Dalam Pembangunan

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengatakan diaspora Indonesia merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan ekonomi Indonesia.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Wapres Ma'ruf Amin: Diaspora Indonesia Miliki Peran Penting Dalam Pembangunan
Ist
Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Mikronesia, Heri Akhmadi, mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin menemui sejumlah komunitas warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Jepang. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengatakan diaspora Indonesia merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan ekonomi Indonesia.

Menurutnya, melalui peran diaspora dan para pelaku usaha di luar negeri, produk-produk Indonesia semakin dikenal luas di pasar global.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ma'ruf saat melakukan dialog dengan Diaspora Indonesia Pelaku Bisnis Produk Halal yang digelar secara hybrid di Hotel Mitsui Kyoto, Jepang, Selasa (7/3/2023).

"Begitu pula di Jepang, meskipun penduduk muslim tergolong minoritas di sini, tetapi Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki perhatian besar terkait wisata ramah muslim," tutur Ma'ruf.

Dirinya mengatakan Pemerintah Jepang terdorong untuk memajukan industri halal.

Salah satunya dilatarbelakangi meningkatnya minat wisatawan muslim global yang berkunjung ke Jepang.

BERITA REKOMENDASI

“Kita pun saat ini tengah berupaya mewujudkan Indonesia menjadi produsen halal terkemuka di dunia," ungkap Ma'ruf.

Pemerintah, kata Ma'ruf, terus menjalin sinergi dengan semua pemangku kepentingan baik di dalam maupun luar negeri untuk mendorong percepatannya.

Termasuk kehadirannya di negeri Sakura ini, yang ia manfaatkan untuk menyerap pengalaman dari para pelaku usaha Indonesia dalam mengembangkan produk halal.

Baca juga: Minta Diaspora Indonesia di Jepang Bantu Transformasi Digital, Wapres: Bukan Menyuburkan Hoaks

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mendengar pengalaman selama merintis dan mengembangkan bisnis produk halal di Jepang. Apa saja kendala maupun masukan bagi peningkatan bisnis produk halal Indonesia," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas