Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korps Brimob Polri Kerahkan Pasukan Amankan IKN di Kalimantan Timur

Ditempatkannya salah satu pasukan Brimob di wilayah IKN untuk menjaga kebijakan pemerintah terkait perpindahan ibu kota negara ke wilayah Kaltim.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Korps Brimob Polri Kerahkan Pasukan Amankan IKN di Kalimantan Timur
Tribunnews.com/Fahmi Ramadhan
Korps Brimob Polri mengerahkan pasukan untuk mengamankan IKN di Kalimantan Timur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ibu Kota Nusantara (IKN) baru di Kalimantan Timur disebut akan jadi salah satu titik utama yang akan diberikan pengamanan khusus oleh Satuan Korps Brimob Polri.

Hal itu terlihat dengan dibentuknya Pasukan Brimob 2 yang nantinya akan berkedudukan di wilayah Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Dankor Brimob Komjen Pol Anang Revandoko mengatakan, hal itu sesuai perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengamankan area IKN.

"Sesuai perintah pimpinan, Pas Brimob 2 akan ditempatkan di wilayah tengah yaitu di IKN," jelas Anang di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (10/3/2023).

Baca juga: Menlu Retno Terbang ke Jepang, Cari Investor untuk IKN, Pelabuhan Patimban dan MRT

Menurut Anang, ditempatkannya salah satu pasukan Brimob itu di wilayah IKN juga untuk menjaga kebijakan pemerintah terkait perpindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur tersebut.

Selain itu, jenderal bintang tiga itu juga beranggapan, bahwa dengan ditempatkannya pasukan Brimob di lokasi itu, ia ingin agar anak buahnya bisa mengantisipasi masalah yang akan datang.

BERITA TERKAIT

"Dimana kedudukannya kita mendekatkan sumber masalah dan bagaimana Pas Brimob 2 menjaga kebijakan pemerintah kita yaitu persiapan IKN yang ada di Kalimantan Timur," ujarnya.

Sebagai informasi, untuk Pasukan Brimob 2 itu nantinya akan dipimpin oleh pewira tinggi kepolisian berpangkat bintang satu yakni Brigjen Pol Arief Budiman.

Arief sendiri baru saja dilantik oleh Anang bersamaan dengan Komandan Pasukan Brimob 1 dan 3 di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Sebelumnya diberitakan, Komandan Korp Brimob Polri Komjen Anang Revandoko meresmikan struktur organisasi dan melantik tiga komandan Pasukan Korp Brimob 1,2 dan 3 di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (10/3/2023).

Dikatakan Anang, nantinya tiap-tiap komandan akan memimpin pasukannya di wilayah berbeda dan akan mengemban pangkat Brigadir Jenderal atau Brigjen usai resmi dilantik.

Baca juga: Pemerintah Ajak Jepang Inves di IKN Nusantara, Apa Saja yang Dijanjikan ke Investor?

"Nantinya Pas Brimob 1 di wilayah Barat, Pas Brimob 2 di wilayah tengah dan Pas Brimob 3 di wilayah timur," kata Anang di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Jumat (10/3/2023).

Adapun rincian wilayah masing-masing pasukan, dijelaskan Anang, untuk Pasukan Brimob 1 yang dipimpin Brigjen Pol Firly Samosir nantinya akan ditempatkan di wilayah barat tepatnya di wilayah Aceh dan Sumatra.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas