Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Analisis Pengamat saat Prabowo Kerap Mendampingi Jokowi Lakukan Kunjungan Kerja

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kembali mendampingi Presiden Jokowi dalam Kunjungan Kerja ke Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat (17/3/2023)

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Analisis Pengamat saat Prabowo Kerap Mendampingi Jokowi Lakukan Kunjungan Kerja
Tangkapan layar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kabuptan Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). Tampak hadir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kembali mendampingi Presiden Jokowi dalam Kunjungan Kerja ke Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat (17/3/2023).

Dalam kunjungan kerja kali ini, Prabowo menemani Jokowi ke berbagai titik diantaranya dalam rangkaian acara Istigasah dan Doa Bersama Rabithat Melayu Banjar hingga berkunjung ke Pasar Rakyat Tabalong.

Pengamat Politik Igor Dirgantara melihat intensnya kebersamaan Prabowo yang mendampingi Jokowi sebagai momen bahwa Jokowi memang menangkap keinginan rakyat.




Bahkan, menurutnya ini merupakan indikasi dari Jokowi untuk mengangkat semangat persatuan dan keberlanjutan pembangunan yang ada di dalam diri Prabowo.

“Jokowi tangkap keinginan rakyat, dan sinyal bahwa Prabowo adalah figur yang paling tepat untuk melanjutkan kepemimpinan nasional di 2024," kata Igor saat dikonfirmasi wartawan. 

Keberlanjutan pembangunan pemerintah Jokowi saat ini (continuity) merupakan hal penting untuk menuju pesta demokrasi tahun depan.

Saat ini, publik banyak mengapresiasi langkah Prabowo pasca Pilpres 2019 yang bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi.

BERITA TERKAIT

Langkah tersebut dinilai strategis untuk menghindari perpecahan masyarakat akibat tajamnya polarisasi politik.

“Muncul banyak dukungan terhadap Prabowo dalam Musyawarah Rakyat (Musra) yang diprakarsai oleh gabungan relawan Jokowi di berbagai daerah,” tambah Igor.

Bahkan, kajian survei tertinggi, elektabilitas Menhan RI selalu berada di 3 besar dan menunjukkan bahwa Prabowo masih ada di hati masyarakat.

“Ini sinyal kuat publik sebenarnya belum jenuh terhadap Mantan Danjen Kopassus itu,” tambah Igor.

Sebagai informasi, kunjungan Prabowo dan Jokowi ke Pasar Rakyat Tabalong dalam rangka untuk memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang pasar serta mengecek harga kebutuhan pokok.

Setelah meninjau pasar, Jokowi menyampaikan harga sembako di Pasar Rakyat dalam keadaan baik, terlebih menjelang Ramadan.

Tentunya, karena ini perdana Presiden RI, Joko Widodo ke Tabalong, ia juga melihat secara langsung suasana kota, terutama dari Bandara Warukin, yang merupakan lokasi pendaratan, hingga ke Pasar Rakyat yang berada di Tanjung.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas