Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Suci Nyepi 2023, Menteri Agama Ajak Umat Hindu Jauhi Politik Identitas

Menag mengajak umat Hindu agar menjauhi politik identitas dan terus menjalankan kegiatan kewajiban sebagai umat beragama.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Hari Suci Nyepi 2023, Menteri Agama Ajak Umat Hindu Jauhi Politik Identitas
Foto: Kemenag RI
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas hadiri ritual Tawur Agung Kesanga dalam rangka menyambut Tahun Baru Saka 1945, pada hari ini atau Selasa (22/3) di pelataran Candi Prambanan, Selasa (21/3/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menitipkan pesan pada umat Hindu di seluruh Indonesia yang pada hari ini atau Selasa (22/3/2023) melaksanakan ritual Tawur Agung Kesanga dalam rangka menyambut Tahun Baru Saka 1945.

Menag mengajak umat Hindu agar menjauhi politik identitas dan terus menjalankan kegiatan kewajiban sebagai umat beragama.

"Saya mengajak umat Hindu tidak menggunakan agama sebagai alat atau kepentingan pihak-pihak tertentu, dan tidak menjadikan agama sebagai politik identitas," ajak Menag saat memberikan sambutan pada Tawur Agung Kesanga Nasional di pelataran Candi Prambanan, Selasa (21/3/2023).

Perayaan Hari Suci Nyepi Nasional 2023 mengusung tema "Melalui Dharma Agama Dan Dharma Negara Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia".

Menurutnya, tema ini mengajak umat Hindu untuk menjalankan kewajibannya sebagai umat beragama dan warga negara, termasuk ikut menyukseskan pesta demokrasi 2024.

Baca juga: Besok Hari Raya Nyepi dan Cuti Bersama, Pemerintah Tetapkan Libur 2 Hari

Pada hari suci ini, menurut menag, mengisyaratkan untuk mulat sarira dan pengendalian diri agar selalu menjaga perilaku agar tetap terkendali sesuai ajaran agama masing-masing.

BERITA TERKAIT

Perayaan Nyepi menjadi momen baik untuk melakukan kontemplasi dan introspeksi diri mengenai tata laku yang telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

"Saya mengajak seluruh warga bangsa, khususnya umat Hindu agar menjadikan momentum Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 ini untuk menegaskan kembali dukungan umat Hindu pada Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dicanangkan sejak tahun 2016 oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo," harap Menag,

"Ini sebagai upaya agar kita bisa menjadi manusia Indonesia yang berintegritas, pekerja keras, dan memiliki semangat gotong royong. Selamat Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945, semoga damai di bumi, damai di langit, damai semuanya," sambungnya.

Hadir mendampingi Menag, Dirjen Bimas Hindu Prof I Nengah Duija, Kakanwil Kemenag Jawa Tengah Mustain Ahmad, Kakanwil Kemenag Yogyakarta Masmin Afif dan Stafsus Wibowo Prasetyo.

Hadir juga para pengurus PHDI, Pandita, Pinandita, perwakilan Pemprov DI Yogyakarta, Forkopimda dan manajemen Taman Wisata Candi Prambanan.

Ketua Panitia Nasional Tawur Agung Kesanga, Laksma TNI I GP Alit Jaya menambahkan kegiatan Tawur Agung terselenggara berkat kolaborasi semua pihak dibawah koordinasi PHDI.

"Ritual ini diikuti ribuan umat Hindu dan diharapkan dapat memberi manfaat dan spirit dalam merealisasikan nilai luhur Hindu dalam berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Selain Tawur Agung, kata Alit Jaya, juga digelar bersih-bersih pantai di Indonesia dan kegiatan bakti sosial dan seminar stunting.

"Puncak Perayaan Nyepi Dharma Santi Nasional akan digelar di Jakarta pada Minggu 14 mei 2023," ungkap Alit Jaya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas