Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rapat DPR soal Transaksi Rp349 T Sore Ini, Mahfud MD Janji Hadir Lebih Cepat

Mahfud MD berjanji datang lebih cepat untuk menghadiri RDP dengan Komisi III DPR, Rabu (29/3/2023). Ia berjanji hadir pukul 14.00 WIB.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Rapat DPR soal Transaksi Rp349 T Sore Ini, Mahfud MD Janji Hadir Lebih Cepat
Tribunnews.com/Gita Irawan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD usai acara Sarasehan bersama Menko Polhukam dan Menteri ESDM bertajuk Sinkronisasi Tata Kelola Pertambangan Mineral Utama Perspektif Politik, Hukum, dan Keamanan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta pada Selasa (21/3/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Menkopolhukam, Mahfud MD berjanji akan hadir lebih cepat untuk menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR yang digelar pada Rabu (29/3/2023) terkait polemik transaksi janggal Rp349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hal ini disampaikannya melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, @mohmahfudmd.

Selain itu, Mahfud juga menjelaskan kehadirannya dalam RDP tersebut sebagai Ketua Komite Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan Menkeu Sri Mulyani sebagai anggota.

"Sudah siap tiba di DPR sebelum 14.00 WIB tapi ada info RDP MenkoPolhukam/Ketua KNK PP TPPU dengan Komisi III DPR diundur menjadi jam 15.00. Saya memaklumi, agenda DPR pasti padat, spt halnya agenda saya. Tapi jam 15.00 insyaallah saya sudah tiba di Gedung DPR," tulisnya dalam cuitan, Rabu (29/3/2023).

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengungkapkan rapat tersebut digelar agar memperjelas simpang siurnya terkait dugaan transaksi mencurigakan ini.

"Itu untuk ngabuburit itu akan mengclearin sambil ngabuburit toh. Ngabuburit untuk sampai buka puasa nanti. Itu akan meng-clear angka Rp349 triliun dalam transaksi tersebut. Kita clear barang. Jangan sampai rakyat berpikir nanti ada yang aneh-aneh," ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Baca juga: Partai Buruh Demo di Gedung DPR Dukung Mahfud MD Bongkar Transaksi Mencurigakan Rp 349 Triliun

Selain itu, Bambang juga mengatakan akan membuka secara gamblang terkait sejumlah transaksi di Kemenkeu yang dinilai mencurigakan.

BERITA TERKAIT

"Kita buka sejumlah transaksi, maka akan kita lihat. Jadi rapat tujuan utama clear," jelasnya.

Di sisi lain, Bambang mengatakan jika ternyata rapat dengan Mahfud tidak jadi digelar maka DPR akan menempuh hak kedewanan ke jenjang yang lebih tinggi.

"DPR akan menggunakan hak pengawasan lebih tinggi lagi. Satu step lebih tinggi lagi. Misalnya, interpelasi, hak angket, hak menyatakan pendapat. Bisa kita tingkatkan hal itu," kata Bambang.

Bambang juga mengungkapkan pihaknya telah mengundang Sri Mulyani dalam RDP tersebut.

Namun, Sri Mulyani mengaku tidak bisa hadir.

"Kalau diundang iya, tapi tidak hadir," ungkapnya.

Sri Mulyani Bantah Transaksi Rp349 Triliun Ada di Kemenkeu

Rapat kerja Komisi XI DPR RI dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2023). 
Rapat kerja Komisi XI DPR RI dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2023).  (Tribunnews/Fersianus Waku)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas