Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenal Hari Paskah, Kebangkitan Yesus dari Penyaliban dan Kematian

Mengenal Hari Paskah, Kebangkitan Yesus dari penyaliban dan kematian yang menebus dosa umat Kristen. Hari Paskah tahun ini jatuh pada 9 April 2023.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Mengenal Hari Paskah, Kebangkitan Yesus dari Penyaliban dan Kematian
Tribun Jatim/ The Guardian Nigeria
Ilustrasi Hari Paskah - Berikut ini makna Hari Paskah yang memperingati Kebangkitan Yesus dari penyaliban. Hari Paskah tahun ini dirayakan pada Minggu, 9 April 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Hari Paskah adalah hari raya umat Kristiani untuk memperingati Kebangkitan Yesus.

Hari Paskah tahun ini jatuh pada Minggu, 9 April 2023.

Paskah merupakan hari suka cita umat Kristiani dari masa Prapaskah berupa doa, puasa, dan pertobatan.




Dengan kebangkitan Yesus di Hari Paskah, Yesus mengalahkan maut dan menebus umat Kristiani dari dosa.

Perayaan Hari Paskah dilakukan pada hari Minggu pertama setelah bulan purnama pertama, setelah titik balik musim semi.

Sehingga, Hari Paskah juga disebut Minggu Paskah, seperti dijelaskan di laman Christiany.

Baca juga: Apakah Makna Telur di Hari Paskah? Inilah Penjelasan dan Asal Usulnya

Dalam Perjanjian Baru Alkitab, Hari Paskah terjadi tiga hari setelah Yesus disalibkan oleh orang Romawi dan meninggal kira-kira pada tahun 30 M.

BERITA TERKAIT

Hari Paskah mengakhiri "Sengsara Kristus", serangkaian peristiwa dan hari raya Paskah yang dimulai dengan Masa Prapaskah yaitu puasa, doa, dan kurban selama 40 hari, dan diakhiri dengan Pekan Suci.

Pekan Suci meliputi Kamis Putih (perayaan Perjamuan Terakhir Yesus dengan 12 Rasul), Jumat Agung (penyaliban Yesus) dan Minggu Paskah.

Meskipun hari raya Paskah dengan makna religius yang tinggi dalam iman Kristen, banyak tradisi yang terkait dengan Paskah berasal dari zaman pra-Kristen.

DRAMA JALAN SALIB - Ribuan umat Katolik di Indonesia merayakan Hari Paskah perayaan Jalan Salib yang merupakan bagian dari perayaan Jumat Agung untuk memperingati Wafatnya Isa Al Masih. Seperti dilakukan umat Katolik di Paroki Santa Maria Regina Bintaro, Jumat (18/4/2014). Pertunjukan Tablo atau drama teatrikal penyaliban Yesus Kristus di mulai pukul 7.00 WIB. Prosesi Jalan Salib dengan cara Yesus dianiaya diseret yang sepanjang perjalanan memanggdul salib dianiaya oleh prajurit Roma jatuh bangun lalu bertemu Maria ibunda-Nya yang akhirnya disalibkan wafat dan dimakamkan. Setiap pemberhentian yang dilalui Yesus Kristus umat bersimpuh memanjatkan doa. Para pemain Tablo atau Drama penyaliban Yesus Kristus ini oleh Mudika Paroki Santa Maria Regina Bintaro. Yesus Kristus diperankan oleh Kevin Arga, Maria Ibunda Yesus oleh Melissa Witjaksono dan disutradarai Yohanes Teguh dengan penulis naskah Ariobimo Nusantara. (Tribunnews/Fx Ismanto/Aloysius Ary)
DRAMA JALAN SALIB - Ribuan umat Katolik di Indonesia merayakan Hari Paskah perayaan Jalan Salib yang merupakan bagian dari perayaan Jumat Agung untuk memperingati Wafatnya Isa Al Masih. Seperti dilakukan umat Katolik di Paroki Santa Maria Regina Bintaro, Jumat (18/4/2014). (Tribunnews/Fx Ismanto/Aloysius Ary) (Tribunnews/Fx Ismanto/Aloysius A/Fx Ismanto/Aloysius Ary)

Baca juga: 40 Ucapan Selamat Paskah 2023 dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Terjemahannya

Tradisi Keagamaan Paskah

Kebangkitan Yesus yang menjadi Hari Paskah, seperti yang dijelaskan dalam Perjanjian Baru Alkitab, merupakan fondasi agama Kristen.

Menurut Perjanjian Baru, Yesus ditangkap oleh otoritas Romawi karena mengaku sebagai "Anak Allah", meski para sejarawan mempertanyakan motif ini.

Beberapa sejarawan mengatakan, orang Romawi mungkin memandangnya sebagai ancaman bagi kekaisaran, seperti dijelaskan di laman History.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas