Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum yang Benar Menurut Islam

Inilah jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum yang benar menurut Islam, jawaban yang sesuai dengan riwayat sahabat dan salafush shalih.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum yang Benar Menurut Islam
Freepik
Ilustrasi Idul Fitri - Inilah jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum yang benar menurut Islam, jawaban yang sesuai dengan riwayat sahabat dan salafush shalih. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum yang benar menurut Islam.

Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum mungkin sering terdengar saat hari lebaran tiba.

Namun, beberapa umat Islam bingung untuk menjawab ketika diucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum saat merayakan Idul Fitri.




Dikutip dari penjelasan Ustaz Tajul Muluk selaku Pakar Fiqh ketika menerangkan arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dalam program Tanya Ustaz di kanal YouTube Tribunnews.com.

"Mengucapkan Taqabbalallahu Minna Waminkum Shiyamana Washiyamakum, artinya sesama umat Islam ini dari bulan Ramadhan saling mendoakan, semoga Allah menerima amal ibadah kita, terutama ibadah puasa. Kita menyambut bulan Syawal dengan awalan yang baik, salah satunya ya saling mendoakan," terang Ustaz Tajul Muluk.

Lantas apa jawaban ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum?

Baca juga: Ucapan Hari Raya Idul Fitri yang Benar, Minal Aidin wal Faidzin atau Taqabbalallahu Minna Waminkum?

Ketika seseorang mengucapkan ‘Taqabbalallahu Minna Wa Minkum’, maka selayaknya lah kita juga juga menjawab dengan doa yang sama yaitu ‘Taqabbalallahu Minna Wa Minkum’.

BERITA TERKAIT

Dikutip dari TribunnewsWIKI, Tgk Mulyadi Nurdin Lc MH, dosen Kampus IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, menjelaskan bahwa jawaban tersebut sesuai dengan riwayat sahabat dan salafush shalih.

Riwayat dari Habib bin Umar Al Anshari, di mana ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah,“ Taqabbalallahu minna wa minkum ,”

Watsilah menjawab, “ Taqabbalallahu minna wa minkum .” (HR. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir).

Sementara dalam Sunan Al-Kubra, lanjut Mulyadi Nurdin, Imam Baihaqi menulis: “Khalid bin Ma’dan berkata, aku berjumpa Watsilah bin Asqa’ pada hari Id, lalu aku berkata:Taqabballahu minna waminka’, ia (Watsilah) menjawab; na’am, Taqabbalallahu minna waminka.

Kemudian Watsilah berkata, aku pernah jumpa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasssalam pada hari Id, dan berkata (kepada Rasulullah):

‘ Taqabballahu minna waminka’, lalu Nabi menjawab: ‘na’am, Taqabbalallahu minna waminka’.”

Selain itu, dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, beliau berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a).

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas