Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Sebut Puncak Arus Balik Lebaran 2023 Hari Pertama Masih Terkendali

Polda Metro Jaya menyebut puncak arus balik mudik lebaran 2023 pada Senin (24/4/2023) masih terkendali.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Polisi Sebut Puncak Arus Balik Lebaran 2023 Hari Pertama Masih Terkendali
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Arus mudik H-2 Lebaran 2023, Kamis (20/4/2023). Ilustrasi - Polda Metro Jaya menyebut puncak arus balik mudik lebaran 2023 pada Senin (24/4/2023) masih terkendali. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya menyebut puncak arus balik mudik lebaran 2023 pada Senin (24/4/2023) masih terkendali.

Meski mengakui adanya peningkatan jumlah volume kendaraan, namun Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengatakan belum ada kepadatan kendaraan yang akan masuk ke Jakarta.

"Bisa kita lihat bahwa pantauan di km 10 yang masuk ke (tol) dalam kota juga masih terkendali, masuk ke Tanjung Priok JORR Utara juga masih terkendali, masuk ke JORR Selatan arah Pondok Indah juga sangat terkendali," kata Latif kepada wartawan di Gerbang Tol Cikunir 2, Bekasi, Jawa Barat, Senin (24/4/2023).

Dalam hal ini, Korlantas Polri memperpanjang rekayasa lalu lintas dengan skema one way dari Tol Kalikangkung-Cikampek hingga Selasa (25/4/2023).

"Tadi kita sudah cek kembali ke Cikatama, mereka per-jam nya sekitar 3000, ini kemarin mengalami penurunan, tapi kami sampai sekarang masih mengupdate terus sampai berapa nanti angkatan pertama di Kalikangkung masuk Cikatama. Sehingga kita bisa memperkirakan yang akan masuk ke kota Jakarta," ucapnya.

Baca juga: Kemenhub Prediksikan Puncak Arus Balik 2023 Bakal Terjadi Besok

Meski situasi jalur tol masih ramai lancar, namun Latif menyebut pihaknya tetap bersiaga jika secara tiba-tiba terjadi lonjakan kepadatan kendaraan pada masa arus balik lebaran.

BERITA TERKAIT

"Tetapi kita tetap waspada, kita siap siaga khususnya untuk penanganan bagaimana apabila kami menerima arus besar, kita sudah siap, yaitu seluruh pintu tol sudah kita siapkan untuk pemantauan," ucapnya.

"Setelah keluar pintu tol di arteri kita atur sedemikian rupa, penjagaan diperketat. Sehingga tidak ada hambatan sama sekali di jalur tol ini," sambungnya.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas Polri memperpanjang rekayasa lalu lintas dengan skema one way dari Tol Kalikangkung-Cikampek hingga Selasa (25/4/2023) pukul 24.00 WIB.

Diketahui, skema one way akan berhenti pada pukul 24.00 WIB malam ini dan kembali diterapkan pada pukul 08.00 WIB.

"Rekayasa lalulintas one way di hari pertama arus balik yg dijadwalkan selesai pada pukul 24.00 wib hari ini (24 april 2023), masih akan terus dilanjutkan," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi dalam keterangannya, Senin (24/4/2023).

"Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Selasa, 25 April 2023 pukul 24.00 WIB," sambungnya.

Apabila pada periode tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan ke arah Jakarta, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas