Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

7 Parpol Belum Punya Kandidat Capres 2024, PAN hingga PPP Belum Deklarasi

Parpol yang belum punya capres:Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garuda, PAN, Partai Bulan Bintang dan lain sebagainya

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Sri Juliati
zoom-in 7 Parpol Belum Punya Kandidat Capres 2024, PAN hingga PPP Belum Deklarasi
SURYA/PURWANTO
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) melintas diantara bendera partai yang terpasang di kantor KPU Kabupaten Malang saat Peluncuruan Kirab Pemilu Tahun 2024 secara serentak di KPU Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (14/2/2023). Sejumlah partai politik (parpol) belum memiliki kandidat calon presiden (capres) yang akan diusungnya pada kontestasi Pemilu 2024, mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah partai politik (parpol) belum memiliki kandidat calon presiden (capres) yang akan diusungnya pada kontestasi Pemilu 2024, mendatang.

Dari ke-17 partai politik yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), tujuh di antaranya belum pernah mendeklarasikan siapa capres pilihannya.

Dikutip dari berbagai sumber, 10 parpol mengkalim telah memiliki kandidat, bahkan juga ada yang telah mendeklarasikan sosok pilihannya.

Mereka di antaranya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI-Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Gelora, PKS, Partai Hanura, Partai Demokrat dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sehingga menyisakan tujuh parpol yang belum menentukan siapa capres pilihannya.

Adapun parpol tersebut yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda).

Termasuk Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca juga: HNW Kritisi Pihak yang Abaikan Konstitusi tentang Persyaratan Capres Warga Asli Indonesia

BERITA TERKAIT

Berikut sejumlah partai yang telah memiki kandidat atau telah menetapkan capres pilihannya untuk diusung di Pemilu 2024.

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid alias Gus Jazil mengatakan tak sedikit pun kata minder bagi PKB untuk mengusung Cak Imin sebagai capres.

Adapun alasannya, Cak Imin adalah sosok politikus yang dinilai kuat.

"Kita punya kader tangguh seperti Gus Muhaimin. Kita harus singsingkan lengan baju. Jangan takut hanya karena lawan punya uang. Kita punya lebih dari itu yakni sejarah dan kebenaran," kata Gus Jazil.

Selain itu, dikatakan Gus Jazil, Cak Imin juga merupakan sosok yang memiliki pengalaman utuh di dalam politik.

2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas