Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuaca Hari Ini - BMKG: Waspada Hujan Lebat Terjadi di 26 Wilayah pada Minggu 30 April 2023

BMKG peringatan dini cuaca hari ini Minggu (30/4/2023), waspada potensi hujan lebat dapat terjadi di 26 wilayah berikut.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Cuaca Hari Ini - BMKG: Waspada Hujan Lebat Terjadi di 26 Wilayah pada Minggu 30 April 2023
Pixabay/Pexels
Ilustrasi prakiraan cuaca - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca hari ini Minggu (30/4/2023), waspada potensi hujan lebat dapat terjadi di 26 wilayah. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca hari ini, Minggu (30/4/2023).

Dilansir laman resmi BMKG, Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan utara Kalimantan Barat, di perairan selatan Jawa Barat-Jawa Tengah, dan di Samudra Pasifik utara Papua Barat yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Kalimantan Barat, di Laut Natuna, di Jawa bagian selatan, dan di Maluku Utara.

Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lain juga terpantau memanjang dari Sumatra Barat hingga Riau, dari Jambi hingga Bangka Belitung, dari Bengkulu hingga Sumatra Selatan, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, di Sulawesi bagian tengah, di NTB, dan di Papua Barat.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Minggu, 30 April 2023: 21 Wilayah Potensi Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang




Selain itu, daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terpantau di Laut Jawa, Samudra Hindia selatan Jawa dan di Samudra Pasifik timur Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang:

Minggu, 30 April 2023

BERITA TERKAIT

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Aceh

• Sumatra Utara

• Sumatra Barat

• Riau

• Bengkulu

• Jambi

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas