Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rudal SAM KRI RE Martadinata-331 Hancurkan Ancaman Udara Dalam Latihan di Utara Bali

Rudal SAM (surface to air missile) yang ditembakan dari KRI RE Martadinata-331 berhasil menghancurkan ancaman udara

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Rudal SAM KRI RE Martadinata-331 Hancurkan Ancaman Udara Dalam Latihan di Utara Bali
Dokumentasi Dinas Penerangan Angkatan Laut
Rudal SAM (surface to air missile) yang ditembakan dari KRI RE Martadinata-331 berhasil memghancurkan ancaman udara dalam sebuah latihan penembakan senjata strategis di perairan utara Bali pada Sabtu (29/4/2023).   

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rudal SAM (surface to air missile) yang ditembakan dari KRI RE Martadinata-331 berhasil menghancurkan ancaman udara dalam sebuah latihan penembakan senjata strategis di perairan utara Bali pada Sabtu (29/4/2023).

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksma TNI I Made Wira Hady A.W mengatakan latihan tersebut guna meningkatkan kemampuan tempur, serta kesiapan dan kesiagaan operasional unsur.




Wira mengatakan hal tersebut telah menjadi prioritas dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali

"Senjata strategis tersebut yaitu Rudal SAM (surface to air missile) yang ditembakan dari KRI RE Martadinata-331," kata Wira ketika dikonfirmasi pada Minggu (30/4/2023).

"Objek sasaran latihan penembakan menggunakan Drone dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal), yang terbang dan diintersep oleh rudal SAM dari jarak 20 Km," sambung dia.

Drone sasaran udara tersebut, kata dia, diluncurkan dari geladak heli KRI Diponegoro-365.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya, lanjut dia, dilaksanakan tracking sasaran dengan prosedur penembakan. 

SAM kemudian ditembakkan dan berhasil menghancurkan sasaran udara di perairan utara Pulau Bali

"Usai menghancurkan sasaran udara seluruh KRI yang melaksanakan latihan membentuk konvoi melewati posisi KRI Nanggala untuk melaksanakan penghormatan kepada para pahlawan," kata dia.

Selain mengerahkan KRI RE Martadinata-331, lanjut dia, TNI AL juga melibatkan sejumlah kapal perang dan satuan-satuan lain dalam latihan tersebut.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Kargo Operasional Kapal, PIS Gandeng Aparat TNI AL

Kapal perang dan satuan lain itu di antaranya KRI Diponegoro-365, KRI Sultan Iskandar Muda–367, Skuadron 700 Puspenerbal, Tim Kopaska, dan Satuan Kapal Selam Koarmada II. 

"Pelaksanaan latihan ini merupakan Komitmen TNI AL dan prioritas dari KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, untuk terus meningkatkan kesiapan operasional Alutsista dan Satuan Operasi, diikuti dengan kapabilitas dalam menjawab tugas-tugas multi dimensi, guna mencapai kesiapan dan kesiagaan yang tinggi," kata dia.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas