Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangkolinlamil Siapkan KRI Banjarmasin 592, Angkut Personel TNI-Polri Amankan KTT Asean 2023

TNI AL mengerahkan KRI Banjarmasin 592 untuk membantu mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pangkolinlamil Siapkan KRI Banjarmasin 592, Angkut Personel TNI-Polri Amankan KTT Asean 2023
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan (kedua kanan) bersama Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan (kanan) dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ferikson Tampubolon serta Komandan Kodim (Dandim) 0502 Jakarta Utara Kolonel Infratri Frega Wenas saat konferensi pers soal halal bihalal di Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (2/5/2023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan mengatakan masih ada kemungkinan dukungan keamanan tambahan dari Mabes Polri.

Diketahui, TNI AL mengerahkan KRI Banjarmasin 592 untuk membantu mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023.




Ia menambahkan bahwa Kepolisian RI juga bakal turut andil dalam mendukung keamanan KTT Asean di Labuan Bajo ini.

Adapun saat ini, rencana tersebut masih dalam tahap proses.

“Rencananya mungkin dari Mabes Polri. Kemarin juga kita sudah koordinasi, ada permintaan dari Mabes Polri, namun demikian ini masih dalam proses,” kata Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (2/5/2023).

Adapun rencana pergeseran personel untuk pengamanan KTT ASEAN itu masih dalam proses komunikasi permohonan dari Mabes Polri ke Mabes TNI.

BERITA TERKAIT

Jika proses tersebut sudah tuntas, sambung Yayan, pihaknya alan menyiapkan kapal perang untuk mendukung pergeseran personel dan juga material tersebut.

Ia pun menyatakan siap dan mendukung penuh penyelenggaraan event internasional di Labuan Bajo itu.

“Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ini ya harus berjalan dengan tertib dengan lancar, kita akan dukung sepenuhnya,” tuturnya.

Panglima Komnado Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan mengatakan pihaknya mengerahkan KRI Banjarmasin 592 untuk membantu mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023.

Baca juga: Dukung Pengamanan KTT ASEAN 2023, Pangkolinlamil Kerahkan KRI Banjarmasin 592

Hal ini, kata dia, menindaklanjuti perintah Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dia mengatakan bahwa KRI Banjarmasin membawa personel maupun material sesuai dengan kebutuhan pengamanan event internasional tersebut.

“Tanggal 1 Mei kemarin, jam 17.30 WITA, saya sudah dapatkan laporan bahwa KRI Banjarmasin 592 yang mengangkut personel maupun material dari Paspampres kemudian dari Satkomlek Mabes TNI maupun dari Sasiber Mabes TNI, sudah bergeser dari Jakarta menuju ke Labuan Bajo.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas