Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO EKSLUSIF Panel Barus: Musra Bukan hanya Pilih Siapa Calon Penerus Jokowi

Musra adalah agenda kebangsaan yang bukan hanya pilih siapa calon pemimpin berikutnya, tapi apa saja yang akan dilakukan 5 tahun kedepan

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Nasional Musyawarah Rakyat (Musra) Panel Barus menyatakan rakyat menjadi faktor penentu perubahan ke depan.

Hal ini menjadi dasar musra digelar dan mendapat dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Prinsip dari pelaksanaan musra ini kita ingin ada ruang yang kita buka untuk rakyat supaya rakyat terlibat dalam menentukan arah demokrasi ke depan,” ucap Panel dalam wawancara eksklusif di kantor Tribun Network, Palmerah, Jakarta, Jumat (5/5/2023).

Karena dalam menentukan arah demokrasi, menurut dia, keterlibatan rakyat adalah syarat utama. 

"Rakyat berbicara tentang apa agenda kebangsaan ke depan menurut rakyat."

"Apa program prioritas nasional ke depan yang harus dijalankan oleh pemimpin kita selanjutnya," jelasnya.

"Yang terakhir rakyat juga bebas berbicara untuk menyampaikan siapa calon pemimpin ke depan sebagai penerus Pak Jokowi pasca 2024," tegasnya.

Ketua Panitia Musyawarah Rakyat (Musra) Panel Barus saat wawancara dengan Tribun Network di Jakarta, Jumat (5/5/2023). TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ketua Panitia Musyawarah Rakyat (Musra) Panel Barus saat wawancara dengan Tribun Network di Jakarta, Jumat (5/5/2023). TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)
BERITA TERKAIT

Dia menegaskan Musra relawan Jokowi adalah agenda kebangsaan yang bukan hanya memilih siapa calon pemimpin berikutnya, tapi apa saja yang akan dilakukan lima tahun ke depan.

Berikut petikan wawancara Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra dengan Panel Barus:

Apa yang menjadi dasar pemikiran para relawan Joko Widodo untuk melaksanakan musyawarah rakyat?

Jadi prinsip dari pelaksanaan musra ini kita ingin ada ruang yang kita buka untuk rakyat supaya rakyat terlibat dalam menentukan arah demokrasi ke depan.

Karena dalam menentukan arah demokrasi keterlibatan rakyat adalah syarat utama. Nah seperti apa keterlibatannya? itu memang kita bagi-bagi dia sistemnya.

Rakyat berbicara tentang apa agenda kebangsaan ke depan menurut rakyat. Apa program prioritas nasional ke depan yang harus dijalankan oleh pemimpin kita selanjutnya.

Yang terakhir rakyat juga bebas berbicara untuk menyampaikan siapa calon pemimpin ke depan sebagai penerus Pak Jokowi pasca 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas