Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenal Rapor Pendidikan 2.0, Platform Terbaru yang Dirilis Menteri Nadiem untuk Satuan Pendidikan

Mengenal Rapor Pendidikan 2.0, platform terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), ini fungsinya.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Mengenal Rapor Pendidikan 2.0, Platform Terbaru yang Dirilis Menteri Nadiem untuk Satuan Pendidikan
Instagram @kemdibud.ri
Peluncuran Rapor Pendidikan 2.0 - Mengenal Rapor Pendidikan 2.0, platform terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), ini fungsinya. 

TRIBUNNEWS.COM - Mengenal Rapor Pendidikan 2.0, platform terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Menteri Kemendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim telah merilis Rapor Pendidikan 2.0 hari ini, Rabu (10/5/2023).

Peluncuran platform Rapor Pendidikan, merupakan kebijakan Merdeka Belajar episode ke-19, sebagai tindak lanjut dari Asesmen Nasional.




Adanya Rapor Pendidikan menjadi inovasi dalam upaya menghadirkan penjaminan mutu pendidikan yang semakin holistik.

Melalui Platform Rapor Pendidikan, Kemendikbudristek ingin memberikan kemudahan dalam melakukan refleksi untuk menyusun rencana perbaikan pendidikan yang tepat sasaran dan berbasis data.

"Kami menghadirkan platform Rapor Pendidikan untuk membantu satuan pendidikan melakukan perencanaan berbasis data," kata Nadiem Makarim saat Perilisan Rapor Pendidikan Versi 2.0, dikutip Tribunnews dari kemdikbud.go.id.

Baca juga: VIDEO Nadiem: Kebijakan Merdeka Belajar Mampu Dekatkan Pendidikan pada Cita-cita Ki Hadjar Dewantara

Lantas, apa fungsi Rapor Pendidikan 2.0 dan bagaimana cara kerjanya?

BERITA TERKAIT

Rapor Pendidikan 2.0 dari Kemendikbudristek

Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar untuk mewujudkan cita-cita Merdeka Belajar.

Dengan platform ini, satuan pendidikan dapat memanfaatkan hasil Asesmen Nasional (AN) sebagai bahan refleksi untuk membenahi aspek-aspek seperti kompetensi literasi dan numerasi, karakter profil Pelajar Pancasila, dan keamanan lingkungan belajar dari kekerasan.

Rapor Pendidikan 2.0 dapat dimanfaatkan oleh satuan pendidikan, mulai dari PAUD, pendidikan dasar, menengah, SLB, hingga vokasi.

Kemendikbudristek juga telah merilis user manual Rapor Pendidikan untuk Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) versi 2023 dalam bentuk PDF.

Dilansir ditsmp.kemdikbud.go.id, sejak dirilis pada 2022, platform Rapor Pendidikan telah membantu lebih dari 284 ribu satuan pendidikan melakukan refleksi dan pembenahan, serta melakukan perencanaan berbasis data.

Karena pemanfaatan platform Rapor Pendidikan dalam Perencanaan Berbasis Data akan mendorong terjadinya perubahan perbaikan dalam berbagai hal, seperti:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas