Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuaca Hari Ini - BMKG: Waspada 16 Wilayah Alami Hujan Lebat pada Selasa, 30 Mei 2023

BMKG peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Selasa (30/5/2023) waspada 16 wilayah berikut alami hujan lebat.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Cuaca Hari Ini - BMKG: Waspada 16 Wilayah Alami Hujan Lebat pada Selasa, 30 Mei 2023
freepik.com
Ilustrasi prakiraan cuaca - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Selasa (30/5/2023) waspada 16 wilayah berikut alami hujan lebat. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Selasa (30/5/2023).

Dilansir laman resmi BMKG, Siklon Tropis Mawar terpantau masih berada di Laut Filipina sebelah Timur Laut Filipina dengan kecepatan angin maksimum mencapai 85 knot (157 km/jam) dan tekanan udara 950 hPa.

Siklon tropis ini bergerak ke arah Barat Laut, menjauhi wilayah Indonesia, dan dalam 24 jam kedepan diprakirakan memiliki intensitas menurun.




Sistem ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi), daerah pertemuan angin (konfluensi), dan menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Filipina, dan Samudra Pasifik sebelah timur Filipina sekitar sistem.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek pada Selasa, 30 Mei 2023: Hujan Petir di Jakpus, Jakut, dan Depok

Sirkulasi Siklonik terpantau berada di Samudera Hindia Barat Bengkulu, yang membentuk daerah konvergensi dari Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Sumatra Utara hingga Riau, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Jawa Barat dan di Papua.

Daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terpantau berada di Samudra Pasifik Timur Laut Filipina.

BERITA TERKAIT

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang:

Selasa, 30 Mei 2023

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatra Utara

• Sumatra Barat

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas