Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sensus Pertanian 2023 Dimulai, Ini Manfaatnya bagi Pengambilan Kebijakan Pertanian di Indonesia

Tujuan dari ST2023 sendiri tak lain adalah untuk menghasilkan potret perubahan struktur pertanian Indonesia dalam 10 tahun terakhir

Penulis: Fransisca Andeska
Editor: Content Writer
zoom-in Sensus Pertanian 2023 Dimulai, Ini Manfaatnya bagi Pengambilan Kebijakan Pertanian di Indonesia
Istimewa
Dalam rangka mendukung ketahanan pangan, Badan Pusat Statistik (BPS) kembali menyelenggarakan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) guna mendata seluruh pelaku usaha pertanian di Indonesia, mulai 1 Juni - 31 Juli 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Sensus Pertanian 2023 (ST2023) telah mulai diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 1 Juni 2023 dan akan berlanjut hingga 31 Juli 2023. 

Melansir dari laman resmi BPS, ST2023 merupakan kegiatan pendataan seluruh pelaku usaha pertanian di Indonesia, baik perorangan, kelompok, serta perusahaan pertanian yang mencakup 7 subsektor, yakni tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan, dan jasa pertanian. 

Adapun informasi data yang dikumpulkan mencakup mulai dari jenis tanaman, luas lahan, teknik budi daya, dan profil petani berbasis nama dan alamat. Tak hanya itu, model irigasi, status kepemilikan tanah, struktur demografi petani, jumlah petani milenial, serta informasi UMKM dan pelaku usaha di bidang pertanian turut menjadi fokus utama dari ST2023. 

Tujuan dari ST2023 sendiri tak lain adalah untuk menghasilkan potret perubahan struktur pertanian Indonesia dalam 10 tahun terakhir, menyediakan data yang digunakan sebagai benchmark (tolak ukur), dan rekonsiliasi statistik pertanian yang ada saat ini, serta menyediakan kerangka sampel untuk survei-survei pertanian selanjutnya. 

Nantinya, hasil pendataan ST2023 akan menghasilkan Data Pokok Pertanian Nasional, data Petani Gurem, data Indikator SDGs pertanian, small scale food producer (petani skala kecil) sesuai dengan standar FAO, serta data Geospasial Statistik Pertanian. 

Peran Sensus Pertanian 2023 dalam pengambilan kebijakan pertanian di Indonesia

Seperti yang sudah diketahui, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memiliki kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

BERITA REKOMENDASI

Kita ingat pada tahun 2020, saat pandemi COVID-19 dan ekonomi Indonesia terkontraksi 2,07 persen, sektor pertanian justru tetap tumbuh positif sebesar 1,77 persen. Selanjutnya di tahun 2021, sektor pertanian juga tumbuh 1,87 persen. Lalu di tahun 2022, sektor pertanian juga kembali tumbuh sebesar 2,25 persen dan memberikan kontribusi pada perekonomian nasional sebesar 12,40 persen.

Dari sisi penyerapan tenaga kerja, berdasarkan data Februari 2023, sektor pertanian mampu menyerap 40,69 juta orang atau 29,36 persen tenaga kerja yang ada di Indonesia. Artinya, hampir sepertiga lapangan kerja di Indonesia bertumpu pada sektor pertanian.

Namun di saat yang sama, beberapa isu strategis global masih menghadirkan ancaman bagi keberlangsungan sektor pertanian. 

Melansir dari Kompas.com, perubahan iklim yang tidak menentu juga dapat menjadi salah satu ancaman terhadap sektor pertanian karena memiliki dampak yang begitu signifikan.  Adapun dampak tersebut antara lain adalah cuaca ekstrem seperti hujan lebat, kekeringan, gelombang panas, dan badai tropis. Akibatnya, produksi mengalami keterlambatan dan ketersediaan pangan menjadi terganggu, serta mengakibatkan harga pangan menjadi lebih mahal. 

Saat ini Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan yang berkaitan erat dengan para petani dan pelaku usaha pertanian, dimulai dari pengetahuan dan adopsi teknologi yang rendah, tingkat regenerasi petani, hingga kesejahteraan dari para petani itu sendiri. 

Maka itulah, pendataan lewat Sensus Pertanian 2023 digelar oleh BPS sebagai upaya untuk menyusun kebijakan pertanian di Indonesia dan menghadirkan solusi dan yang tepat dalam menghadapi segala tantangan yang masih dihadapi Indonesia.

Dengan informasi yang dikumpulkan melalui ST2023, diharapkan berbagai aktivitas di sektor pertanian Indonesia dapat terdata dengan lebih baik dan rapi. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas