Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKS Sebut Negara Bisa Gaduh Jika Anies Baswedan Dikriminalisasi Jadi Tersangka oleh KPK

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut negara bisa menjadi gaduh jika bakal calon presiden (bacapres) dari koalisi perubahan, Anies Baswedan tersang

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Wahyu Aji
zoom-in PKS Sebut Negara Bisa Gaduh Jika Anies Baswedan Dikriminalisasi Jadi Tersangka oleh KPK
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Rabu (7/9/2022). Anies Baswedan diperiksa KPK terkait penyelidkan penyelenggaraan Formula E Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut negara bisa menjadi gaduh jika bakal calon presiden (bacapres) dari koalisi perubahan, Anies Baswedan dikriminalisasi menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Adapun hal itu untuk menanggapi informasi Eks Wamenkumham Denny Indrayana yang menyebut Anies Baswedan bakal diincar untuk dijadikan tersangka oleh KPK. 

"Dalam kasus-kasus korupsi kita mendepankan praduga gak bersalah, namun mentersangkakan Anies disaat menjelang pemilu adalah sebuah upaya yang di fair dan bisa menimbulkan kegaduhan secara nasional," kata Juru Bicara PKS, Muhammad Iqbal kepada wartawan, Jumat (23/6/2023).

Iqbal menilai Denny Indrayana merupakan seorang intelektual yang berintegrias. Karena itu, informasi mengenai KPK akan mengkriminalisasi Anies sebagai tersangka pastinya bukan informasi yang sembarangan.

"PKS meyakini upaya-upaya tersebut sangat mungkin terjadi, dan berharap upaya-upaya kriminalisasi terhadap anies tidak terjadi, biarkan anies baswedan maju sebagai capres dan rakyat yang akan memilih," jelasnya.

Ia menjelaskan politisasi kasus hukum menjelang pemilu merupakan upaya yang tidak elok bagi demokrasi.  PKS berharap pemilu 2024 berjalan dengan lancar tanpa ada halangan bagi kandidat.

BERITA REKOMENDASI

"PKS berharap masyarakat dan pendukung Anies tetap tenang dan tidak reaktif, KPK sebaiknya segera mengklarifikasi bila itu tidak benar," pungkasnya.

Sebelumnya, Denny Indrayana menyebut Anies Baswedan segera jadi tersangka korupsi di KPK.

"Kabar itu sudah menjadi informasi yang beredar di banyak kesempatan. Bukan hanya saya, banyak yang sudah menyatakannya. Feri Amsari, Zainal Arifin Mochtar, misalnya, dalam beberapa podcast sudah menyatakan, pentersangkaan adalah salah satu skenario pamungkas Istana untuk menjegal Anies Baswedan menjadi kontestan dalam Pilpres 2024," katanya.

Disebut Denny, setelah KPK 19 kali ekspose--ini pemecah rekor--seorang anggota DPR menyampaikan kepada dirinya bahwa Anies Baswedan segera jadi tersangka.

"Semua komisioner sudah sepakat. Makin terbaca, kenapa masa jabatan para pimpinan KPK diperpanjang MK satu tahun. Untuk menyelesaikan tugas memukul lawan-oposisi, dan merangkul kawan-koalisi, sesuai pesanan kuasa status quo."

Denny mengaku tidak terkejut mendengar informasi ini.

Ia menyatakan, pernah menulis," “Bagaimana Jokowi Mendukung Ganjar, Mencadangkan Prabowo, dan Menolak Anies, di mana dalam tulisan itu ia menyebut Jokowi menggunakan 9 strategi 10 sempurna, yaitu:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas