Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masjid Istiqlal Akan Bagikan Daging Hewan Kurban kepada Warga Melalui Yayasan

Asep menyebut, alasan pihaknya menggunakan pihak ketiga dalam hal ini yayasan untuk penyaluran hewan kurban ini.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Masjid Istiqlal Akan Bagikan Daging Hewan Kurban kepada Warga Melalui Yayasan
Rizki Sandi
Plt Ketua Harian Masjid Istiqlal Jakarta Laksamana Pertama (Laksma) Purn. Asep Saepudin saat ditemui di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta, usai salat Iduladha, Kamis (29/6/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plt Ketua Harian Masjid Istiqlal Laksamana Pertama (Laksma) Purn. Asep Saepudin mengatakan, pada tahun ini, pihaknya akan kembali menggunakan yayasan untuk menyebarkan daging hewan kurban kepada masyarakat yang membutuhkan.

Asep menyebut, setidaknya ada beberapa yayasan yang telah lolos verifikasi untuk menjadi penyalur daging hewan kurban tersebut, termasuk kepada panti asuhan dan panti jompo.

"Pendistribusiannya kami lakukan seperti yang sudah-sudah adalah melalui kantung-kantung dhuafa yang sudah mengajukan permohonan maupun yang tidak mengajukan permohonan melalui survei penelitian ke daerah-daerah yang sudah kami biasakan berikan kurban tersebut," kata Asep kepada awak media di kawasan Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Asep menyebut, alasan pihaknya menggunakan pihak ketiga dalam hal ini yayasan untuk penyaluran hewan kurban ini.

Kata dia, salah satunya yakni untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam memperoleh daging kurban.

"Nah itu lah sebabnya kita melalui mereka dan ada audit, jadi kita setiap melaksanakan, periksa, cek," ucap dia.

Dirinya juga menjamin kalau yayasan yang sudah ditunjuk oleh panitia kurban Masjid Istiqlal nantinya bisa amanah dalam menyalurkan hewan kurban.

BERITA TERKAIT

Hanya saja, Asep tidak membeberkan yayasan mana saja yang mendapat kewenangan untuk menyalurkan hewan kurban dari Masjid Istiqlal tersebut.

"Ada tahun lalu kita temukan, jadi fiktif. Nah itu lah sebabnya pakai yayasan. Kalau perorangan kan secara kewilayahan mereka sudah dapat (datanya)," ujar Asep.

"Tapi secara organisasi dan kita amati, mereka kirim foto ke kita, nah insyaallah amanah," tukas dia.

Pemotongan Kurban pada Hari Sabtu

Panitia kurban Masjid Istiqlal memastikan tidak memotong hewan kurban yang dititipkan masyarakat pada hari ini.

Plt Ketua Harian Masjid Istiqlal Jakarta Laksamana Pertama (Laksma) Purn. Asep Saepudin mengatakan, pihaknya baru akan memotong seluruh hewan kurban pada Sabtu (1/7/2023) atau 12 Dzulhijjah 1444H.

"Insyaallah pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini sesuai dengan keputusan kami bersama, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, mulai pagi hari sampai selesai itu adalah hari kedua tasyrik di Indonesia," kata Asep kepada awak media usai salat idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas