Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSAL: 2 Kapal Buru Ranjau Dari Jerman Akan Datang 2 Pekan Lagi di Surabaya

Muhammad Ali mengatakan dua kapal buru ranjau yang dipesan dari Jerman diperkirakan akan tiba dua pekan lagi.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in KSAL: 2 Kapal Buru Ranjau Dari Jerman Akan Datang 2 Pekan Lagi di Surabaya
Tribunnews/Rahmat Fajar Nugraha
KSAL: 2 Kapal Buru Ranjau Dari Jerman Akan Datang 2 Pekan Lagi di Surabaya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengatakan dua kapal buru ranjau yang dipesan dari Jerman diperkirakan akan tiba dua pekan lagi.

Ali mengatakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 akan tiba langsung di Surabaya.

Selain itu, kata dia, kedua kapal tersebut akan ditempatkan di Armada II Jakarta.

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri kegiatan puncak HUT Ke-62 Kolinlamil di Mako Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta pada Senin (3/7/2023).

"Dua-duanya sudah diangkut dalam satu kapal besar. Saya lupa namanya, pokoknya kapal dok, dia bisa mengangkut dua kapal sekaligus. Dan mungkin dua minggu lagi akan tiba langsung di Surabaya. Dan penempatannya juga akan ditempatkan di Armada II," kata Ali.

"Nanti kita tinggal memikirkan untuk kapal buru ranjau yang lama mungkin akan didispersi ke Armada yang lain. Karena dalam rangka penyeragaman, dan penyetaraan dari Armada-Armada," sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, dua unit Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) pemburu ranjau TNI Angkatan Laut bikinan Jerman yaitu KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 saat ini tengah berada di pelayaran menuju tanah air.

BERITA REKOMENDASI

Kedua kapal perang canggih tersebut berlayar dari Jerman dengan menggunakan transporter ship pada Jumat 23 Juni 2023. 

Kedua KRI tersebut dibangun di Galangan Abeking & Resmussen, Lamwerder, Bremen, Jerman

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatak tujuan dari pengadaan kedua KRI tersebut tak lepas karena masih banyaknya ranjau laut peninggalan perang dunia kedua.

"Keduanya bertugas untuk menjaga perairan Indonesia agar tetap aman, bebas dari gangguan serta ancaman senjata bawah air terutama ranjau. Selain itu kapal canggih ini juga akan dioperasikan untuk membersihkan perairan Indonesia yang masih memiliki potensi bahaya ranjau," kata Ali dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Minggu (25/6/2023).

Simak berbagai kecanggihannya berikut ini.

Kapal buru ranjau berjenis Mine Counter Meassure Vessel (MCMV) yang dinamakan dengan nama-nama pulau di Provinsi Papua tersebut diklaim mampu bekerja baik di laut dangkal maupun laut dalam. 

KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 memiliki dimensi panjang 61,4 meter dan lebar 11,1 meter. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas